Berita

    Apa Saja Tanda Mobil Harus Overhaul?

    Ada banyak istilah dalam merawat kendaraan. Salah satu yang paling umum untuk didengar adalah Overhaul. Lantas apa itu Overhaul?

    Secara umum, overhaul merupakan istilah untuk proses pelepasan mesin dari sasisnya, dengan tujuan untuk diperiksa serta ditangani masalahnya.  Jadi, bisa dibilang overhaul mesin mobil adalah salah satu cara perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi masalah kendaraan yang mengalami penurunan performa.

    Overhaul sebenarnya cukup dihindari oleh pemilik kendaraan karena memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun bila tidak dilakukan maka performa dari kendaraan tidak akan kembali seperti sedia kala.

    Secara garis besar overhaul bertujuan untuk mengembalikan performa mobil. Overhaul ini dilakukan ketika mesin mobil mengalami kerusakan berat.  Di mana setelah pembongkaran pada mesin mobil, maka akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh secara seksama.

    Overhaul terbagi menjadi dua macam yaitu overhaul total dan semi. Di mana overhaul total merupakan pembongkaran mesin secara keseluruhan yang meliputi blok silinder, kepala silinder, dan lain sebagainya.  Sedangkan semi overhaul yakni pembongkaran yang dilakukan pada sebagian mesin mobil. Misalnya pada bagian silinder saja (tanpa membuka blok silinder).

    Lantas apa saja tanda-tanda dari mobil harus turun mesin?

    • Asap Knalpot Berwarna Putih

    Salah satu tandanya yaitu muncul asap berwarna putih dari knalpot, di mana aroma dari asap tersebut juga tidak sedap layaknya bau besi terbakar.  Apabila Anda menemukan kasus seperti ini, bisa jadi terdapat kerusakan pada bagian piston yang akan berakibat pada penurunan kinerja mesin. Bahkan bisa jadi membuat mesin mati secara mendadak dan tidak bisa dihidupkan kembali.

    Biasanya hal tersebut banyak terjadi pada mesin tua, namun tidak menutup kemungkinan mobil baru yang tidak dilakukan perawatan secara berkala juga bisa mengalaminya.  Apabila sudah terjadi demikian, maka penting untuk melakukan overhaul atau turun mesin untuk mengatasi yang ada di dalam mesin mobil tersebut.

    • Suhu Mesin Meningkat

    Selain keluar asap berwarna putih dari knalpot, tanda lain yang bisa Anda identifikasi untuk segera melakukan overhaul yaitu overheat.  Suhu mesin yang terus menerus meningkat dan cepat sekali panas meskipun digunakan dengan laju kecepatan yang rendah, bisa menimbulkan overheat yang membuat mesin mobil bisa saja mati secara mendadak.

    Apabila overheat terjadi, Anda tidak disarankan untuk langsung menyalakannya kembali karena bisa mengakibatkan mesin semakin panas.  Sebaliknya tunggu suhu panas mesin menurun dan kembali pada kondisi normal terlebih dahulu. Perhatikan juga sistem pendingin pada mobil, karena overheat banyak terjadi akibat kebocoran pada radiator.

    • Air Radiator Berkurang Drastis