Berita

    Kenali Standar Tekanan Angin Ban Mobil, Jangan Sampai Salah!

    Ban mobil merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan bahkan keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu, Anda wajib memperhatikan aspek-aspek mengenai ban mobil termasuk tekanan angin ban mobil ideal.

    Lalu, bagaimana cara mengetahui tekanan yang ideal bagi ban mobil? Perhatikan ulasan di bawah ini.

    Cara Mengetahui Tekanan Angin Ban Mobil Ideal

    Masing-masing mobil memiliki tekanan angin ban ideal sehingga tidak bisa disamakan. Hal ini bergantung pada jenis mobil serta jenis ban yang digunakan oleh mobil tersebut.

    Anda bisa mengetahui informasi mengenai tekanan angin yang ideal dari keterangan pada mobil Anda. Caranya adalah melihat Informasi Tekanan Ban atau Tire-Loading Information yang biasanya terletak di pilar pintu depan bagian kanan mobil.

    Cobalah untuk membuka pintu bagian pengemudi dan lihatlah bagian dalam pilar, lebih tepatnya di bagian kanan bawah jok pengemudi. Di sana Anda akan menemukan stiker berbentuk kotak yang memuat informasi tentang tekanan angin ban mobil ideal.

    Sebagai contoh, Anda akan menemukan informasi bahwa tekanan angin yang ideal bagi mobil Anda adalah 33 psi dengan ukuran standar ban 205/65R16. Maka dari itu, isilah angin pada ban mobil Anda hingga tekanan 33 psi tersebut.

    Pada umumnya, mobil jenis MPV akan memiliki tekanan angin yang ideal antara 33 sampai 36 psi. Lalu mobil city car akan memiliki tekanan angin yang ideal antara 30 sampai 36 psi. 

    Ada juga mobil sedan yang mana akan memiliki tekanan angin yang ideal antara 30 sampai 33 psi. Terakhir mobil SUV akan memiliki tekanan angin yang ideal antara 35 sampai 40 psi.

    Namun perlu diperhatikan bahwa ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi tekanan angin yang ideal bagi ban mobil Anda. Salah satunya adalah berat beban yang harus diangkut mobil Anda. Semakin berat beban tersebut maka Anda perlu meningkatkan tekanan angin.

    Mengapa Mengetahui Tekanan Ban itu Penting?

    Tekanan angin ban mobil ideal penting bagi kenyamanan Anda dalam berkendara. Selain itu, tekanan angin ban juga berpengaruh terhadap keselamatan Anda dan penumpang juga. Oleh sebab itu, Anda perlu mengecek tekanan angin pada ban secara berkala.

    Bila tekanan angin pada ban tidak dicek secara berkala, maka ada kemungkinan bahwa tekanan angin akan berkurang. Berikut bahaya ketika tekanan angin pada ban mobil kurang:

    1. Ban dapat meledak
    2. Bensin lebih cepat habis
    3. Ban lebih mudah tergelincir
    4. Kurang optimalnya pengereman apalagi saat jalanan sedang basah
    5. Ban terkikis secara tidak merata
    6. Mobil menjadi tidak seimbang
    7. Beban tumpuan pada mobil meningkat
    8. Ban lebih cepat rusak