Berita

    Ketahui Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak dengan Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri

    Aki merupakan komponen mobil yang penting. Apabila aki kering soak, bisa menyebabkan komponen kelistrikan mobil tidak berfungsi, bahkan membuat mobil tidak bisa dinyalakan. Sebenarnya cara memperbaiki aki kering cukup mudah. 

    Anda dapat memperbaiki sendiri masalah aki kering yang soak. Selama Anda melakukan tahapan perbaikan yang benar, aki mobil bisa kembali digunakan. 

    Adapun ciri-ciri aki mobil sudah rusak terlihat dari bunyi klakson kecil, cahaya lampu redup mobil, aroma aki tercium saat mobil menyala, sampai mesin mobil tidak bisa menyala.

    Cara Memperbaiki Aki Kering

    Aki terdiri dari lima jenis, ada aki kering, aki basah, aki hybrid, aki kalsium, dan aki gel. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda. Salah satu jenis aki yang sering digunakan adalah aki kering, karena tipe aki yang satu ini terbilang minim perawatan. 

    Akan tetapi aki kering juga bisa mengalami kerusakan atau soak jika masa penggunaan aki sudah cukup lama. Sehingga harus diganti dengan yang baru. Selain itu aki kering bisa soak jika penggunaan kendaraan tidak diperhatikan dengan baik.

    Misalnya pemilik kendaraan jarang atau tidak pernah memanaskan mesin mobil, saat tidak dipakai. Kebiasaan tersebut bisa membuat aki kering yang minim perawatan sekalipun, bisa soak dan rusak. 

    Jika batas usia pemakaian aki masih lama tapi tiba-tiba mengalami soak, Anda bisa memperbaiki aki sendiri di rumah. Berikut ini tahapan-tahapan dari cara memperbaiki aki kering yang soak:

    • Siapkan Peralatan dan Bahan

    Pertama siapkan dulu peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan. Di antaranya yaitu obeng untuk membuka dan menutup aki serta alat suntik yang biasa digunakan untuk tinta printer. 

    Kemudian siapkan juga pisau atau bisa dengan gergaji besi, sediakan kain lap, selotip berukuran besar. Hal yang tidak boleh ketinggalan adalah air aki khusus (zuur) untuk mengisi ulang cairan aki. 

    • Lepaskan Aki 

    Jika semua alat dan bahan sudah disiapkan, tahap selanjutnya yaitu melepaskan aki dari ruang mesin mobil. Namun sebelum Anda melepaskan aki, pastikan mesin mobil ada dalam keadaan mati. 

    Kemudian lepas kabel, baut-baut, dan klem. Dimulai dari kutub positif terlebih dahulu. Baru setelah itu lepas yang bagian kutub negatif. Hati-hati, urutannya harus sesuai agar tidak terjadi hubungan arus pendek. 

    • Bersihkan Aki