Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas & Mengatasinya

    Mobil hilang tenaga saat digas bisa membuat pengalaman berkendara jadi tidak nyaman. Selain itu konsumsi bahan bakar juga akan lebih boros karena Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam. 

    Mobil yang kehilangan tenaga tidak bisa melaju dengan kecepatan semestinya. Hal ini juga akan mengganggu pengemudi mobil yang lain. 

    Maka dari itu jika Anda merasakan tanda-tanda mobil kehilangan tenaga, segera cek apa penyebabnya. Supaya Anda bisa langsung memperbaiki sumber masalahnya.

    Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas

    Tenaga mobil melemah sekalipun pedal gas diinjak dengan dalam, pertanda ada yang salah dengan mesin mobil. Faktor penyebabnya bisa dikarenakan beberapa kemungkinan. Berikut ini kondisi yang membuat mobil hilang tenaga ketika digas:

    • Ring Piston Aus

    Ring piston berfungsi menjaga kompresi mesin dan mencegah terjadinya kebocoran kompresi di komponen mesin. Jika kondisi ring piston masih bagus, komponen ini akan menghalau oli agar tidak masuk ke ruang pembakaran. Serta mampu mengurangi gesekan pada dinding silinder.

    Namun jika ring piston aus, oli akan masuk ke dalam ruang pembakaran dan ruang silinder jadi mengering. Hal ini menimbulkan gesekan besar dan mobil kehilangan tenaga saat digas. Ring piston akan aus bila pemilik mobil tidak rutin mengganti oli. 

    • Blok Silinder Aus

    Pergerakan ring piston terjadi di dalam blok silinder. Ketikan blok silinder tidak mendapatkan proses pelumasan yang sempurna, lama kelamaan blok silinder pun akan  ikut aus, sama seperti ring piston.

    • Kebocoran Pada Klep

    Mobil akan kehilangan tenaga jika bagian klep pada mesin mobil mengalami kebocoran. Klep sendiri berperan sebagai pintu masuk dari  material yang diperlukan mesin yaitu udara dan bensin. 

    Klep juga berfungsi menjadi pintu keluarnya gas buangan dari mesin menuju knalpot. Ketika sistem kerja celah katup bermasalah, mobil jadi mudah kehilangan tenaga sekalipun Anda terus menginjak gas. 

    • Gasket Kepala Silinder Robek

    Gasket kepala silinder adalah bagian yang berfungsi merapatkan blok silinder dengan kepala silinder. Ketika gasket robek maka akan terjadi kebocoran kompresi yang bisa mengganggu kerja mesin mobil. 

    • Busi Kotor atau Aus 

    Busi merupakan komponen kecil yang punya fungsi penting. Ketika busi kotor atau bahkan aus akan mengganggu kemampuan busi menghasilkan percikan api dalam sistem pembakaran. Sehingga wajar jika mobil akhirnya kehilangan tenaga.