Berita

    Ketahuilah Arti Warna & Fungsi dari Sekring di Mobil

    Sistem kelistrikan pada mobil modern seperti sekarang ini sudah semakin rumit bila dibandingkan dengan mobil-mobil tua. Kondisi tersebut membuat pabrikan berjuang untuk menciptakan mobil dengan sistem kelistrikan yang aman.

    Salah satunya cara menggunakannya adalah dengan pemasangan sekring.  Sekring merupakan alat untuk mencegah terjadinya hubungan pendek pada kelistrikan dan menjamin berbagai komponen di kendaraan berfungsi optimal.

    Disebut penting karena peran sekring adalah memutus arus listrik saat terjadinya kelebihan muatan arus. Seiring dengan pemakaian kendaraan, pada umumnya arus listrik di dalam kendaraan cenderung tidak stabil.

    Sekring sendiri pun ada bermacam-macam, tergantung peruntukannya. Untuk memudahkan, biasanya sekering akan dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran. Pemilihan warna juga dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan mencari sekring yang sesuai.

    Dan berikut adalah beberapa sekring dengan beragam modelnya.

    • Cartridge

    Sekring ini berbentuk tabung dan pada kedua ujungnya terdapat bahan logam. Bahan dasar dari sekring ini adalah keramik dan berwarna transparan di bagian tengahnya. Logam yang terdapat pada ujung sekring ini terlihat seperti besi dengan ukuran yang telah disesuaikan. Pada bagian ujung ini pula terdapat keterangan kode barang dan juga kapasitas jumlah arusnya.

    • Tabung

    Wujudnya hampir sama dengan cartridge namun bahan ini terbuat dari kaca pada bagian tengahnya. Sekring jenis ini juga memiliki logam pada bagian ujungnya. Pada logam itulah terdapat kode dan ukuran muatan arus yang terdapat pada kapasitas sekring tersebut. Sekring jenis ini umum ditemukan pada mobil-mobil tahun 80-an.

    • Blade atau tancap

    Sekring blade memiliki bentuk unik karena menyerupai gigi. Sekring jenis ini memiliki bagian logam yang terlihat tertancap pada plastik yang terkesan seperti isolatornya.  Umumnya, sering dijumpai dengan sekring blade dengan isolator yang berwarna-warni. Pewarnaan isolator tersebut juga menjadi tanda terkait kemampuan arus pada masing-masing sekring.

    • Pelat

    Sekring pelat atau yang biasa dikenal dengan terminal pelat merupakan komponen yang berperan sebagai pengaman pada arus listrik utama.

    Warna-warni Sekring Mobil

    Sekring saat ini hadir dengan macam warna yang diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk membedakannya. Dan berikut adalah warna warna dari sekring.

    ·         Coklat Kekuningan 5 ampere

    ·         Cokelat 7.5 ampere

    ·         Merah 10 ampere

    ·         Biru 15 ampere

    ·         Kuning 20 ampere

    ·         Putih/Bening 25 ampere

    ·         Hijau 30 ampere

    ·         Orange 45 ampere

    Selain warna, sekring mobil juga dilengkapi juga dengan beberapa kode untuk memastikan pelanggan tidak salah melakukan pembelian. Contoh kodenya seperti H-LP RH dan H-LP LH. Untuk kode H-LP RH berarti headlamp kanan. Sedangkan H-LP LH untuk headlamp kiri. Selanjutnya ada juga kode A/C untuk AC, POWER berarti power window, dan D/L yang merupakan kode central lock.

    Itulah daftar dari beberapa komponen & warna pada sekring mobil. Anda sudah tahu bagaimana cara baca kode sekring mobil juga setelah membaca artikel di atas. Namun jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan mobil secara berkala bersama suzuki dengan cara mengunjungi website https://www.suzukidwiperkasa.co.id lalu pilih halaman service untuk membooking jadwal service anda.