Berita

    Patut Diwaspadai, Ini Dia Tanda Mesin Overheat

    Mesin mobil yang mengalami overheating, jika dibiarkan menyala akan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Sebagai orang yang awam akan mesin, tentunya harus tahu apa saja ciri-ciri dari mesin overheat tersebut.

    Karena masih ada saja pengemudi yang tidak tahu atau abai ketika ciri-ciri overheat ini dialami oleh kendaraannya. Sehingga jika mobil tetap dijalankan, malah menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

            1. AC Tidak Dingin

    Fitur AC yang bekerja dengan baik pasti memberikan udara dingin di dalam kabin mobil. Namun bagaimana jika tiba-tiba AC sudah tidak dingin, bahkan menyemburkan angin saja yang terasa panas? Kejadian ini dapat menjadi pertanda bahwa mobil mengalami overheat.

            2. Muncul Uap di Kap Mobil

    Tanda lainnya dari masalah overheat mobil yang cukup mencolok adalah kemunculan asap atau uap dari kap mobil. Jika tanda ini muncul, sebaiknya segera berhenti di pinggir jalan yang sudah aman. Kemudian matikan mesin. 

    Hal ini menandakan bahwa mesin mobil sudah mengalami panas yang terlalu berlebih. Kalian wajib menunggu sekitar 5-10 menit agar suhu panas turun. Jangan langsung membuka kap mesin karena dapat menimbulkan bahaya. Pastikan asap sudah semakin menipis sebelum mengecek kondisi mesin mobil. 

            3. Suara Gelembung di Reservoir

    Ketika mesin mobil sudah mulai merasakan peningkatan panas yang tidak lazim, cairan pendingin dapat masuk ke wadah yang meluap sehingga menimbulkan suara seperti gelembung di bagian mesin. Kejadian ini menunjukkan bahwa ada udara di sistem pendingin sehingga dapat menyebabkan panas berlebihan.

            4. Peringatan Suhu Meningkat

    Tanda overheat pada mobil yang paling mencolok dapat terlihat dari peringatan suhu mesin terus meningkat. Di bagian speedometer mobil terdapat indikator penanda suhu mesin. Jika indikator tersebut sudah meningkat yang artinya suhu mesin sudah lebih panas daripada yang seharusnya, maka gejala overheat sudah muncul.

    Perhatikan jarum indikator suhu mesin tersebut. Semakin mendekat ke arah huruf H, maka artinya suhu mesin semakin Hot alias panas. Sebaiknya kalian coba mencari tempat aman untuk menghentikan mobil, lalu mematikan mesin untuk menurunkan suhunya.

            5. Coolant Radiator menetes

    Sudah melihat indikasi terjadi overheat pada mobil? Coba perhatikan apakah ada genangan air pendingin di bawah mobil. Jika ada tetesan, maka bisa jadi itu merupakan cairan pendingin yang mengalami kebocoran. Tanda ini dapat muncul ketika mulai muncul peningkatan panas pada mesin yang tidak lazim.