Berita

    Simak Jenis Mendempul Mobil & Cara Mengerjakannya

    Hal-hal tidak terduga bisa saja terjadi ketika Anda mengendarai mobil, seperti penyok karena kecelakaan, sampai bodi keropos karena durasi pemakaian mobil yang terjadi selama bertahun-tahun lamanya.

    Semua masalah pasti ada solusinya, tidak terkecuali dua hal tersebut. Nah, untuk mengatasinya, Anda dapat mendempul mobil. Terdapat sejumlah cara untuk melakukannya, namun sebelum itu ketahuilah jenis-jenisnya terlebih dahulu.

    Beberapa Jenis Dempul Mobil 

    Berikut ini pengelompokan dempul mobil berdasarkan jenisnya yang disortir menurut bahan dan durasi proses pengeringan.

    • Plamir

    Dempul plamir dapat dioleskan pada bagian yang penyok atau keropos secara praktis, karena jenis dempul ini tidak dicampuri oleh bahan lainnya. Namun, walaupun praktis, proses pengeringannya memerlukan waktu yang lama.

    Untuk mendempul mobil dengan mengoleskan jenis ini, cukup tipis-tipis saja memakai skrap cat. 

    • Plastik

    Jika menginginkan hasil dempulan yang instan, maka gunakanlah dempul plastik. Dempul ini umumnya dicampurkan bersama plastik dan pasta pengeras dengan takaran tertentu.

    • Buatan

    Dempul buatan terbuat dari campuran plamir dan bedak talk. Karena harganya murah, sudah pasti dempul ini berkualitas rendah serta hasilnya kurang memuaskan. Jadi, dempul ini tidak direkomendasikan untuk mendempul keroposan mobil.

    Nah, itulah berbagai jenis dari dempul untuk mobil yang sebaiknya Anda ketahui. Setelah paham dan memutuskan menggunakan jenis dempul yang mana, maka Anda dapat mengikuti tahapan atau cara untuk dempul mobil berikut ini.

    Tahapan Atau Cara Dempul Mobil

    Terdapat 5 tahapan atau cara untuk mendempul mobil. Ingin tahu apa saja? Sebaiknya jangan lewatkan informasi di bawah ini.

    • Mempersiapkan alat dan bahan

    Sebelum melakukan pendempulan, Anda harus siap menyediakan sejumlah alat dan bahan, serta memproteksi diri menggunakan sarung tangan dan masker. Tidak hanya itu, tentukan juga jenis dempul, takarannya, dan pengeras dempul apabila diperlukan. 

    Jangan lupa untuk menyiapkan kertas amplas besi, lap microfiber atau kain, thinner, serta cat dasar. Thinner sangat berguna untuk pencairan campuran zat perekat dengan pewarna padat. Untuk cat dasar, lazimnya memakai warna merah dan abu-abu.

    • Meracik dempul