Berita

    Wajib Tahu, Ini Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Berkendara!

    Rasa ngantuk dalam berkendara merupakan sebuah hal yang patut diwaspadai. Oleh karena itu Anda harus benar-benar berhati-hati dalam berkendara.

    Rasa kantuk ini bisa datang secara tiba-tiba apalagi jika jalan yang Anda tempuh teramat sangat panjang sehingga membosankan. 

    Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat berkendara, dan apa saja penyebab kantuk yang dialami oleh para pengendara.

    Jangan Meminum Obat Sebelum Berkendara

    Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi rasa kantuk di jalan adalah dengan tidak mengonsumsi. Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa obat yang ketika dikonsumsi akan menimbulkan rasa kantuk dan dapat juga memecahkan konsentrasi.

    Oleh karena itu hindari minum obat seperti obat anti mabuk, obat flu, atau obat masuk angin yang memiliki kemungkinan dapat menimbulkan kantuk setelah diminum. 

    Jika memang Anda diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu tertentu karena suatu penyakit atau keharusan sebaiknya jangan pernah berkendara.

    Menepi untuk Beristirahat Sejenak

    Yang kedua, cara mengatasi ngantuk saat berkendara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menepi sejenak. Rasa kantuk yang datang ketika berkendara itu merupakan suatu hal yang wajar.

    Oleh karena itu sebaiknya beristirahatlah setiap dua jam sekali untuk beristirahat atau untuk sekedar melakukan peregangan otot akibat berkendara lama. 

    Jangan pernah untuk memaksakan menyetir tanpa jeda, hal ini justru akan membahayakan nyawa Anda beserta orang yang sedang Anda bawa di dalam kendaraan. 

    Sebaiknya tidur selama 15-20 menit untuk mendapatkan tubuh yang fresh sehingga akan terhindar dari segala risiko di jalanan. 

    Memperhatikan Makanan dan Minuman yang Akan Anda Konsumsi

    Ketika Anda akan ada agenda menyetir atau sedang menyetir sebaiknya benar-benar harus memperhatikan makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi.

    Mengapa demikian? Karena makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dapat menimbulkan rasa kantuk.

    Sebaiknya juga jangan mengonsumsi makanan yang berlebihan karena akan menimbulkan rasa kantuk juga. Juga jangan lupa untuk makan karena jika Anda tidak makan maka tidak akan memiliki energi untuk menyetir serta juga dapat kehilangan fokus.

    Berkendaralah dengan Teman

    Hal yang sangat ampuh untuk menghindari diri dari rasa kantuk adalah dengan mengajak teman untuk berkendara. Seperti yang Anda ketahui jika berkendara dengan jarak yang jauh tentunya akan memakan waktu yang lama juga.