Berita

    Yuk, Simak Cara Membersihkan Soket Kelistrikan Pada Mobil

    Menjaga mobil agar tetap bersih, lebih dari sekadar mencucinya sesering mungkin. Membersihkan keseluruhan bagian, hingga ke komponen di dalamnya, dapat memperpanjang umur kendaraan. Anda juga dapat memastikan semua berfungsi dengan baik. Misal, membersihkan soket kelistrikan mobil secara rutin, dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih cepat bila ada korsleting. 

    Lantas, bagaimana cara membersihkan komponen mobil termasuk bagian kelistrikan dengan tepat? Ikuti ulasan ini untuk mengetahuinya. 

    Begini Cara Membersihkan Soket Kelistrikan Mobil yang Benar

    Debu maupun kotoran yang tidak dibersihkan dapat menumpuk di komponen kelistrikan seperti di bagian busi, pengapian, dan terminal baterai. Seiring waktu, ini akan mengganggu sambungan kelistrikan, hingga mengakibatkan hilangnya daya maupun kinerja mesin menjadi putus-putus. Paling buruknya, mesin bisa rusak dan menyebabkan mogok di pinggir jalan ketika dikendarai. 

    Membersihkan bagian komponen listrik mobil secara teratur akan dapat mengurangi risiko kerusakan permanen dan mencegah terjadinya korosi pada komponen. Kinerja mesin maupun sistem mobil pun akan tetap terjaga. 

    Untuk bisa membersihkan soket kelistrikan mobil, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan air, tetapi ada produk lain yang bisa dijadikan pengganti, seperti spiritus atau cairan pembersih khusus. Lebih lanjutnya, berikut tata cara untuk membersihkannya. 

            1. Gunakan Pembersih Khusus

    Di pasaran, dijual beberapa jenis pembersih khusus yang difungsikan untuk menjaga komponen kelistrikan tetap bersih serta bebas dari debu atau kotoran. Anda bisa membeli dari harga yang murah hingga bermerek terpercaya. Namun, satu hal penting yang perlu diperhatikan, Anda harus mengikuti dan memperhatikan petunjuk yang disarankan di kemasan. 

    Salah satu cairan pembersih khusus yang bisa dipakai untuk membersihkan komponen kelistrikan kendaraan ialah WD40 Electrical Contact Cleaner. Cairan ini bisa membantu memulihkan konduktivitas listrik yang mengalami masalah serta mengurangi kemungkinan terjadinya korsleting. Dengan formula non-konduktif yang cepat menguap tanpa meninggalkan jejak apa pun, permukaan karet, plastik, serta logam akan selalu terjaga keutuhannya. 

            2. Memanfaatkan Udara yang Terkompresi

    Cara lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan kotoran di bagian kelistrikan adalah memanfaatkan udara yang terkompresi. Anda bisa memakai kaleng udara yang bertekanan atau tangki udara di rumah untuk menghilangkan kotoran.