Berita

    Spare Part ini Bisa Dicek Langsung Kondisinya

    Pemeliharaan mobil merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan secara berkala untuk menjaga performa dan keamanannya. Untuk itu, Anda wajib cek spare part mobil secara berkala. 

    Namun, tidak semua pemilik mobil memiliki pengetahuan mendalam tentang mekanik atau punya waktu untuk membawa mobil ke bengkel hanya untuk mengecek kondisi spare part. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa spare part yang dapat dicek langsung kondisinya oleh pemilik mobil.

    Cek Spare Part Mobil Sendiri, Ini Komponennya!

    Tidak semua komponen mobil harus dibawa ke bengkel untuk melihat kondisinya. Beberapa spare part yang satu ini bisa Anda cek langsung di rumah:

    • Aki

    Aki adalah salah satu komponen vital dalam sistem kelistrikan mobil. Untuk memeriksa kondisinya, cukup perhatikan indikator kesehatan aki yang ada di panel instrumen. Biasanya, jika aki dalam kondisi baik, indikator akan menunjukkan warna hijau atau biru. 

    Selain itu, juga perhatikan apakah terdapat tanda-tanda korosi atau kebocoran pada terminal aki. Pengecekan secara berkala dapat membantu mencegah kegagalan aki yang bisa menyebabkan mobil mogok di tengah jalan.

    • Ban

    Ban adalah satu-satunya titik kontak mobil dengan jalan. Pengecekan ban secara berkala sangat penting untuk menjaga keamanan berkendara. Pemilik mobil dapat memeriksa permukaan ban apakah gundul, retak atau bahkan benjol.

    Anda bisa melihatnya dengan indikator Tread Wear Indicator (TWI) yang berada pada sulir ban. Apabila permukaannya sudah sejajar dengan garis TWI, itu berarti ban sudah tipis dan butuh diganti.

    Selain itu, Anda juga bisa memeriksa tekanan angin. Namun ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin yang tersedia di bengkel atau stasiun pengisian bahan bakar. 

    • Oli Mesin

    Oli mesin adalah bagian dari mesin yang harus mendapatkan perhatian. Untuk memeriksa kondisinya, pemilik mobil dapat menggunakan tongkat pengukur oli yang biasanya terletak di dekat mesin. Pastikan level oli pada mobil Anda di antara tanda minimum dan maksimum. 

    Selain itu, perhatikan juga warna dan konsistensi oli. Jika warnanya sudah gelap atau terdapat kotoran yang tercampur, maka sudah saatnya untuk mengganti oli mesin untuk menjaga performa mesin yang optimal.

    • Filter Udara

    Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin agar tidak terkontaminasi oleh debu atau kotoran. Cek spare part mobil yang satu ini mudah dilakukan. 

    filter

    Cukup buka penutup filter udara dan periksa apakah terdapat kotoran atau debu yang menumpuk di dalamnya. Jika sudah terlihat kotor, segera bersihkan atau ganti filter udara yang baru untuk menjaga performa mesin yang baik.

    • Wiper Mobil

    Terakhir, Anda bisa memeriksa wiper mobil sendiri di rumah. Anda bisa melihat permukaan karet wiper pada mobil Anda. Apakah ada kondisinya yang retak, sobek atau masih sangat bagus.

    Anda juga bisa mengisi sendiri tabung air wiper yang ada pada kap mesin. Ada cairan khusus yang bisa Anda gunakan, untuk membantu wiper menjalankan tugasnya. Periksa secara  teratur supaya Anda tidak bingung saat perjalanan nanti.

    Dengan mengetahui spare part mana yang dapat dicek langsung kondisinya, pemilik mobil dapat melakukan pemeliharaan secara lebih efektif. Pengecekan secara berkala akan membantu mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius dan menjaga performa mobil tetap optimal.