Berita

    Featured Image

    5 Cara Mencegah Mika Lampu Menguning

    Lampu mobil memiliki fungsi yang penting yaitu untuk memberikan penerangan terutama ketika kondisi jalanan gelap. Supaya tidak cepat rusak, lampu mobil dilindungi oleh mika lampu. Lalu, bagaimana cara mencegah lampu mika menguning

    Mika lampu sendiri adalah lapisan pelindung lampu yang biasanya terbuat dari bahan plastik berwarna transparan. Mika lampu sendiri biasanya juga dilapisi dengan lapisan pelindung sinar UV. Ketika lapisan pelindung sinar UV mika lampu bisa berubah menguning.

    Cara Mencegah Lampu Mika Menguning

    Mika lampu yang menguning tentu dapat mengganggu penampilan mobil dan mempengaruhi kecerahan lampu. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mika lampu berubah menjadi kuning:

    • Melapisi Mika dengan Coating

    Pertama, Anda bisa mencegah mika menguning dengan melapisi mika dengan coating atau wax. Mika berubah menjadi kuning karena adanya oksidasi lampu yang disebabkan karena menghilangnya lapisan pelindung sinar UV pada mika. 

    Supaya lapisan sinar UV tidak cepat menghilang, maka Anda bisa melapisi mika dengan coating atau wax. Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat untuk pemasangan coating yang lebih tepat.

    Pemakaian wax tidak seefektif coating, sehingga apabila Anda melapisi mika dengan wax maka jangan lupa untuk mengaplikasikannya sesering mungkin.

    • Mencuci Mobil dengan Rutin

    Mika lampu berfungsi untuk melindungi lampu dari debu, air dan kotoran. Ketika mika lampu terkena debu dan kotoran terus menerus maka bisa menimbulkan goresan dan warna kusam.

    memperhatikan cara mencuci lampu mobil

    Oleh karena itu, Anda bisa mencegah lampu mika menguning dengan cara rutin mencuci mobil Anda.

    • Parkir di Tempat yang Teduh

    Seperti yang sudah disebutkan, penyebab utama mika menguning adalah oksidasi lapisan sinar UV pada mika. Sinar matahari yang terik bisa menyebabkan lapisan pelindung sinar UV menghilang.

    Maka demikian, sebaiknya Anda memarkirkan mobil Anda di tempat yang teduh dan hindari memarkirkan mobil di tempat yang panas. 

    • Hindari Memakai Lampu Tidak Sesuai Standar

    Selain oksidasi, mika menguning juga bisa disebabkan karena panas dari bohlam lampu. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak menggunakan lampu dengan daya yang lebih dari standar.

    Apabila Anda ingin memodifikasi lampu mobil, maka sebaiknya pastikan bahwa jenisnya adalah LED.

    • Tidak Membiarkan Lampu Basah

    Apabila mika lampu basah baik karena air hujan maupun setelah dicuci maka sebaiknya segera langsung dikeringkan. Membiarkan mika lampu basah dapat menyebabkan kotoran atau debu menempel.

    Kotoran tersebut semakin lama bisa mengerak dan merusak coating mika lampu. Akibatnya mika lampu akan terlihat kuning atau kusam. Anda bisa mengeringkan mika yang basah dengan memakai kain microfiber.

    Anda juga sebaiknya menghindari menempelkan stiker di atas mika lampu karena juga bisa merusak lapisan coating lampu.

    Cara Mengatasi Lampu Mika Menguning

    Lalu, bagaimana jika mika lampu terlanjur menguning? Mika lampu yang menguning masih bisa dibersihkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan rubbing compound atau pasta gigi. 

    Rubbing compound merupakan produk yang bisa membersihkan noda, goresan, sampai oksidasi pada permukaan plastik mobil. Jadi, apabila Anda sudah memakai pasta gigi dan tidak melihat perubahan maka Anda bisa gunakan rubbing compound.

    Namun apabila kondisi mika sudah terlalu buruk biasanya Anda perlu mengganti mika lampu Anda yang menguning.