Berita

    Tips! Cara Mengatur Jok Mobil agar Mengemudi Lebih Nyaman

    Kenyamanan berkendara sudah seharusnya menjadi hal yang diperhatikan oleh setiap pengemudi, karena dapat berdampak pada kualitas kemudinya. Maka dari itu, penting untuk mengatur jok mobil supaya tetap nyaman dan aman ketika mengemudi.

    Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur jok? Jangan lewatkan pembahasan informatif dalam artikel berikut dan pastikan Anda telah berkendara posisi yang paling ideal dan nyaman!

    Tips Mengatur Posisi Jok Mobil supaya Nyaman Mengemudi

    Meski masih ada banyak orang yang cenderung menyepelekan hal satu ini, namun sebaiknya Anda tidak termasuk dari orang-orang tersebut. Berikut merupakan tips yang dapat dilakukan untuk mengatur posisi jok agar nyaman kala mengemudi:

    • Atur Bagian Sandaran Jok

    Hal pertama yang perlu diatur yaitu bagian sandaran jok. Anda bisa melakukan pengaturan dengan cara menempelkan punggung ke bagian sandaran tersebut.

    Caranya, bisa dilakukan dengan reclining, kemudian aturlah posisi tangan Anda lurus ke bagian atas dari kemudi atau setir.

    Disarankan, punggung menempel pada bagian back rest secara keseluruhan. Lalu, pastikan juga tulang ekor Anda berada di sandaran jok, serta tulang paha  telah tertopang dengan baik di bagian kursi jok.

    • Atur Posisi untuk Kaki Pengemudi

    Langkah berikutnya setelah mengatur sandaran jok yaitu mengatur posisi kaki. Aturlah maju dan mundurnya jok kemudi, sehingga Anda bisa mendapatkan posisi yang paling ideal dan nyaman.

    Posisi kaki pengemudi tidak boleh terlalu menekuk, karena bisa berdampak terhadap kelancaran sirkulasi darah. 

    Posisi yang terlalu menekuk dapat membuat sirkulasi darah Anda menjadi tidak lancar, sehingga dapat memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

    Jika Anda menggunakan mobil manual, maka aturlah supaya telapak kaki Anda dapat meraih semua pedal yang ada, sehingga dapat melakukan kemudi dengan lebih nyaman dan aman.

    Lalu, untuk mobil dengan sistem transmisi otomatis, maka aturlah supaya kaki kiri dapat menyentuh bagian foot rest.

    • Atur Ketinggian dari Setir Mobil

    Meski sudah bukan bagian dari komponen jok mobil, namun hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kenyaman mengemudi. Pada berbagai jenis mobil modern, ketinggian dari setir mobil dapat diatur, sehingga Anda bisa menyesuaikan kebutuhan.

     

    duduk di jok mobil

    Biasanya, tuas untuk mengatur ketinggian ini lokasinya berada di bagian bawah dari setir mobil. Anda dapat mengaturnya untuk memastikan bahwa ketinggian dari setir mobil tidak menjadi penghalang Anda untuk melihat panel instrumen.

    Selanjutnya, pastikan juga bahwa posisi tangan Anda sudah nyaman untuk melakukan berbagai manuver yang diperlukan saat mengemudi.

    Selain posisi setir, posisi tangan ketika menyetir juga penting untuk menjadi perhatian pengemudi. Pastikan bahwa tangan telah menekuk dengan posisi kurang dari 35 derajat.

    Jika posisi setir terlalu dekat, maka hal ini dapat memberikan hambatan terhadap berbagai gerakan manuver saat mengemudi.

    • Atur Bagian Headrest

    Hal selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu mengatur posisi headrest yang ideal dan nyaman. Pastikan bahwa posisi dari headrest telah berada tepat di bagian kepala dan leher.

    Selanjutnya, pastikan juga posisi dari bagian tengah headrest tersebut telah sejajar dengan ujung dari telinga atas pengemudi.

    Hal ini memiliki fungsi yang penting dalam hal keselamatan berkendara. Dengan mengatur posisi tersebut, maka pengemudi akan lebih terhindar dari risiko cedera jika terjadi kecelakaan atau tabrakan.

    Jadi, selain mendukung kenyamanan berkendara, hal ini juga penting diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap keselamatan pengemudi. 

    Itulah berbagai langkah yang bisa Anda lakukan dalam mengatur posisi jok atau tempat duduk pengemudi, supaya dapat lebih nyaman ketika melakukan berbagai kemudi dan manuver yang diperlukan.