Berita

    Tetap Awet! Cara Merawat Jok Mobil

    Jok mobil memiliki beberapa jenis dan tampilan yang berbeda antara satu sama lainnya. Apalagi jika terbuat dari kulit akan memberikan kesan yang mewah dan memberikan kenyamanan buat pengendara dan penumpang yang ada di dalamnya. Keuntungan lainnya dengan bahan kulit itu tubuh tidak merasa panas dan tekstur nya yang halus. 

     

    Sementara ini, jok yang berasal dari bahan kulit termasuk yang paling premium dan tidak sembarangan dalam merawatnya biar tetap awet untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, ada juga bahan kulit jok yang berasal dari nilon, vinyl, dan semi kulit dengan metode perawatannya pun berbeda-beda antara satu sama lainnya. 

    Untuk Anda yang tidak ingin salah dalam merawat jok mobil, pada artikel ini akan dibahas secara lebih lengkap mengenai proses perawatannya. Nah, apa saja yang perlu dilakukan? Yuk, simak penjelasannya. 

    Cara Merawat Jok Mobil

    1. Hindari Paparan Matahari Langsung 

    Biasanya ini terjadi untuk kendaraan mobil yang diparkir pada area outdoor. Hal ini akan membuat jok mobil akan langsung terpapar pada matahari langsung. Kondisi ini sangat penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan. Pastikan ada pelindung tambahan atau penutup kaca depan mobil agar matahari tidak langsung menyinari jok mobil Anda tersebut. 

     

    Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang sangat lama, maka kondisi akan membuat joknya menjadi cepat kusam, keras, dan warnanya hilang. Saran yang paling baik dengan memilih parkiran yang tertutup dan usahakan pasang pelindung mobil jika harus parkir secara langsung di area luar. 

    2. Rutin Membersihkan Jok Mobil 

    Langkah selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah rajin membersihkan kabin mobil Anda secara teratur, termasuk jok mobilnya. Apabila mobilnya selalu menjadi kendaraan utama untuk mengantar Anda dari satu tempat ke tempat lainnya, maka lakukan pembersihan kabinnya minimal dua kali dalam seminggu. 

    membersihkan jok mobilFreepik.com

     

    Prosesnya pun bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak begitu terlalu rumit untuk dilakukan dalam proses pembersihannya. Pada tahap ini, Anda bisa membersihkannya dengan mesin penyedot debu, namun pastikan prosesnya dengan detail, baik dari sela jok dan tidak lupa tambahkan cairan tambahan untuk membersihkannya. 

    3. Tidak Merokok di Kabin Mobil 

    Merokok di dalam mobil sebenarnya tidak dianjurkan karena akan membuat beberapa komponen lainnya bermasalah, termasuk jok mobil yang berbahan kulit. Bukan hanya itu saja, mulai dari bagian AC, dashboard, dan langit-langit mobil akan terpapar asap rokok yang melekat dalam jangka waktu lama. 

     

    Hal ini akan menyebabkan bau yang tidak sedap dan membuat bahan akan mengalami kekuningan. Kondisi ini lebih untuk dihindari atau tidak merokok sama sekali dalam mobil, sebab akan berdampak besar pada bagian dalam kendaraan. 

    4. Menyediakan Lap Khusus Jok Mobil 

    Alternatif tambahannya Anda bisa menyediakan lap khusus untuk mengelap jok mobilnya. Fungsinya untuk membersihkan beberapa area yang sulit dijangkau, namun tetap memperhatikan bahannya yang halus dan lembut. Pastikan juga lap jok mobil tersebut dalam kondisi yang lembab dan tidak meninggalkan bekas air. 

    Bagian ini bisa menjadi tambahan untuk menjaga jok pada mobil biar tetap awet dan tahan lama serta terlihat seperti baru. Beli bahan lap yang terbuat dari microfiber karena kainnya tidak kasar, lembut, dan gampang menyerap air.