Berita

    Cari Tahu Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil Dimalam Hari

    Berkendara di malam hari sudah jadi rutinitas yang umum, terutama di masa sekarang yang mana keamanan jalan sudah semakin ditingkatkan. Terlepas dari alasan keamanan dan kenyamanan, pernahkah Anda perhatikan mengapa banyak orang mematikan lampu kabin mobil saat berkendara di malam hari? 

    Alasan yang pertama bisa jadi karena dengan mematikan lampu kabin, Anda tidak akan terdistraksi oleh silaunya lampu yang menyala. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya alasan. Masih banyak alasan lain yang bisa Anda simak di bawah ini.

    Beberapa Alasan Pengemudi Mematikan Lampu Kabin Di Malam Hari

    Perlu Anda ketahui bahwa berkendara di malam hari memiliki tantangan tersendiri dibandingkan berkendara di siang hari. Meskipun terlihat sepele, menonaktifkan lampu kabin pada mobil saat berkendara di malam hari sebenarnya memiliki alasan tersendiri dan signifikan, di antaranya adalah:

    • Menyesuaikan Penglihatan Mata pada Malam Hari

    Berkendara dalam keadaan lampu yang menyala terang membuat pupil mata Anda berubah ukuran menyesuaikan banyaknya cahaya yang diterima oleh pupil. Saat pupil menerima banyak cahaya, ukurannya akan mengecil, sehingga cahaya yang masuk lebih sedikit.

    Di saat yang sama, keadaan di luar gelap gulita, kemampuan penglihatan Anda terganggu. Maka dari itu, lampu kabin yang dimatikan membuat pupil mata Anda dapat menyesuaikan dengan banyaknya cahaya di luar. Prinsip ini dapat menyelamatkan Anda dari bahaya yang bisa terjadi di jalanan.

    • Menjaga Privasi

    Lampu yang terang membuat semuanya terekspose. Anda tentu tidak mau menjadi tontonan di jalanan bukan? Itulah sebabnya, mengapa Anda perlu mematikan lampu kabin mobil di malam hari.

    Keadaan sekitar yang gelap membuat lampu di dalam terlihat mencolok. Apalagi jika jendela mobil Anda tidak begitu gelap. Cahaya lampu menyinari Anda dan membuat semuanya terlihat dari luar.

    • Membuat Aki Lebih Boros

    Untuk bisa menyala dengan baik, lampu di dalam kabin mobil membutuhkan tenaga listrik yang disuplai dari aki. Apabila lampu sering dinyalakan, aki akan cepat habis karena harus bekerja untuk menghasilkan listrik.

    Dampak dari aki yang boros akan membuat performa mobil kurang maksimal. Lebih parah lagi mobil bisa mengalami mogok dan komponen lainnya pun akan ikut terdampak.

    • Mengganggu Konsentrasi dan penglihatan saat Berkendara