Berita

    Cari Tahu Fungsi Lampu Kota Pada Mobil

    Clearance light atau yang akrab dengan sebutan lampu kota ternyata memiliki fungsi yang penting pada mobil. Namun sayangnya, masih banyak pengendara yang belum tahu apa manfaat dari lampu tersebut.

    Minimnya pengetahuan terkait fungsi lampu kota mengakibatkan penggunaannya kurang sesuai. Bahkan masih banyak pengendara yang belum aware betapa pentingnya lampu tersebut untuk kondisi-kondisi tertentu.

    Apa Itu Clearance Light?

    Sebelum kita bahas fungsinya, pertama-tama mari kenali komponen lampu yang satu ini. Clearance light adalah lampu untuk memberitahu jarak lebar suatu kendaraan, baik itu mobil maupun motor.

    Lampu kota mobil dinyalakan di siang maupun malam hari. Letaknya ada di bagian depan dan belakang. Khusus untuk bagian belakang biasanya disebut dengan istilah tail light yang memiliki fungsi sama.

    Lampu ini wajib dinyalakan ketika kendaraan atau mobil berada di jalanan perkotaan. Artinya lampu ini tidak hanya untuk di malam hari saja.

    Fungsi Clearance Light dan Tail Light

    Pada dasarnya, clearance light memiliki fungsi yang sama, baik yang berada di depan maupun yang di belakang. Fungsinya yaitu untuk memberitahu kepada pengendara jalan lain.

    Dengan menyalakan clearance light maupun tail light, maka pengendara lain bisa tahu ada mobil yang melintas di jalan yang sama. Dari lampu tersebut, pengendara lain juga dapat mengetahui ukuran lebar mobil tersebut.

    Clearance light ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk mobil terutama di malam hari. Selain itu, lampu ini juga wajib Anda nyalakan pada kondisi tertentu, seperti kondisi minim cahaya pada saat turun kabut.

    Secara garis besar, clearance light ini memiliki fungsi penting untuk keamanan berkendara. Dengan memanfaatkan lampu ini, maka Anda dan pengendara lain bisa meminimalisir kecelakaan.

    Jenis-Jenis Lampu Rem

    Selain clearance light, lampu rem juga memiliki fungsi yang penting khususnya untuk keamanan. Posisi lampu ini berada di sisi kiri dan juga kanan belakang mobil. Ada dua jenis lampu rem yang biasa digunakan. Berikut apa saja jenis-jenisnya tersebut.

            1. Lampu Rem Berbentuk Putar  

    Jenis yang pertama ini tergolong yang paling konvensional. Teknik pemasangannya pun sangat mudah sekali. Lampu ini berbentuk bulat.

    Pemasangannya hanya cukup membuka reflektor lampu mobil kemudian lepas soketnya, lalu ganti lampu yang sudah tidak berfungsi dengan lampu rem berbentuk putar ini.