Berita

    Ini Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah dan Cara Mengatasinya

    Lampu mobil menjadi salah satu bagian yang memiliki fungsi sangat penting bagi pengendara. Namun, lampu mobil kerap bermasalah dengan tiba-tiba redup. Beberapa hal bisa menjadi penyebab lampu mobil redup, tetapi tak banyak yang memahami bagaimana cara untuk mengatasinya. 

    Lampu mobil redup tentunya tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan penglihatan bagi pengendara, tapi juga bisa membahayakan nyawa. Pasalnya jika kondisi ini terjadi saat pengendara ada di jalanan yang minim pencahayaan atau hari sudah gelap, mobil bisa melaju tanpa arah. 

    Mengingat lampu mobil memiliki fungsi yang sangat krusial, sudah seharusnya pemilik mobil bisa memastikan lampu mobil mereka bisa digunakan sebagaimana mestinya. Lalu, apa penyebab lampu mobil redup tiba-tiba? 

            1. Sekring Putus

    Sekring berguna sebagai pengaman ketika terjadi arus listrik yang terlalu besar saat ada konslet di jalur kabel. Baik kabel terkelupas, kabel lepas, hingga soket kendor, jika ada gejala arus listrik yang berlebih, sekring akan putus seketika. 

    Sekring yang putus tersebut bisa menjadi penyebab lampu mobil redup sebelah. Jika sekring yang putus berada di sisi kiri, lampu mobil sebelah kiri yang akan redup dan sebaliknya.

            2. Kualitas Bohlam yang Tidak Bagus

    Selain sekring, kualitas dan usia pemakaian bohlam lampu mobil juga harus diperhatikan. Lampu bohlam mobil yang sudah lama dipakai atau belum pernah diganti dalam waktu yang panjang bisa menimbulkan masalah pada sekring hingga putus. 

    Saat melakukan pergantian, cek ukuran watt lampu yang akan dipasang. Ukuran watt yang lebih rendah dari standar produsen mobil akan mengakibatkan lampu Anda tidak tahan lama. Untuk para pengendara yang menggunakan lampu halogen, berikan perhatian ekstra pada cahaya mobil Anda karena halogen bisa berdampak pada daya tahan bohlam lampu mobil.

            3. Relay Mobil Mati

    Mobil memiliki salah satu bagian berupa kotak yang menjadi tempat penghubung antara kabel dengan sumber listrik  yang disebut relay mobil. Apabila bagian ini mati atau mengalami masalah, itu bisa berakibat meredupnya lampu mobil Anda.

            4. Kabel dan Soket yang Longgar

    Masalah pada kabel juga bisa menjadi penyebab lampu mobil redup atau berkurang intensitas cahayanya. Kabel yang tidak menempel sempurna pada badan atau belum terlalu erat bisa menimbulkan konslet dan berakibat redupnya lampu mobil Anda.