Berita

    Jangan Asal! Ini Cara Menginjak Kopling Mobil yang Benar

    Tahukah Anda jika menginjak kopling mobil harus dilakukan dengan benar? Cara mengendarai mobil dengan transmisi manual memang butuh banyak latihan. Hal ini supaya kinerja transmisi dan komponen terkait juga terjaga. 

    Ada beberapa teknik atau cara untuk menginjak kopling pada mobil transmisi manual. Supaya berkendara lebih mulus dan tidak tersendat-sendat tentu saja. Baca artikel ini sampai selesai untuk menemukan tipsnya ya!

    Tips Menginjak Kopling Mobil Supaya Tidak Tersendat

    Apabila Anda baru belajar menyetir mobil, pastilah bingung bagaimana cara memperlakukan kopling ini. Sebab jika terlalu ditekan dan terlambat melepas, bisa menyebabkan laju mobil tersendat bahkan berhenti.

    Lalu bagaimana tipsnya supaya lancar mengemudi dengan adanya kopling? Berikut poin-poin dan penjelasan yang dapat Anda ikuti:

    • Gunakan Kaki yang Tepat

    Aturan umumnya, Anda disarankan menggunakan kaki kiri untuk menginjak kopling. Sementara kaki kanan bekerja untuk dua pedal, yakni gas dan rem.

    Dasar mengendarai mobil transmisi manual ini harus Anda perhatikan betul. Jangan biarkan kaki kiri berpindah pada pedal lain. Supaya tetap konsentrasi pada kopling saja.

    • Pastikan Mobil Berhenti

    Sebelum menginjak kopling, Anda harus memastikan jika mobil dalam kondisi berhenti sepenuhnya. Kemudian kondisi tuas persneling juga dalam posisi netral. 

    Setelah itu, baru Anda bisa menyiapkan diri dengan memastikan tumit kaki berada di bawah pedal kopling. Sementara bagian tengah yang digunakan untuk memberi injakan pada pedal.

    Freepik
    • Kontrol Perlahan

    Ketika Anda mulai menginjak kopling, lakukan dengan perlahan-lahan. Jangan tekan terlalu tiba-tiba atau terlalu keras. Sebab kalau langsung ditekan dengan keras, maka saat melepas untuk menjalankan mobil, bisa langsung mematikan mesin.

    Perhatikan tekanan pada pedal kopling mobil Anda. Tekan pedal kopling hingga mencapai titik di mana Anda merasa ada sedikit tekanan. Ini adalah posisi awal ketika kopling mulai terpisah dari mesin.

    Tekanan ini pula yang harus Anda ingat selama berkendara ya. Bisa dibilang ini adalah tips yang harus mengandalkan feeling Anda. Supaya laju mobil juga tidak tersendat-sendat.

    • Jangan Menahan Kopling