Berita

    Kenali Cara Mengganti Baut Roda Mobil yang Patah dan Penyebabnya

    Roda mobil menjadi komponen penting mobil, di mana untuk bisa bergerak kendaraan cukup bergantung pada performa roda mobil. Apabila roda mobil mengalami masalah, seperti baut roda yang patah tentu akan mengganggu performa roda mobil.

    Oleh karenanya, jika mengalami masalah tersebut Anda harus tahu bagaimana cara mengganti baut roda mobil, sehingga Anda bisa memperbaikinya sendiri apabila baut roda mobil patah di tempat yang jauh dari bengkel.

    Untuk itu Anda harus selalu siap sedia peralatan bengkel seperti kunci baut di mobil Anda. Ketahui penyebab dan cara mengganti baut melalui ulasan di bawah ini.

    Penyebab Baut Roda pada Mobil Patah

    Ada tiga penyebab yang membuat baut pada roda mobil patah. Ketiga penyebab baut roda mobil patah bisa Anda simak pada ulasan berikut:

    • Baut Berkarat

    Penyebab pertama yaitu munculnya karat pada ulir atau drat pada baut. Hal ini membuat baut tidak lagi sekokoh keadaan normal dan akan patah jika Anda tidak segera mengganti baut roda mobil.

    • Menggunakan Pelek Hasil Modifikasi

    Pelek modifikasi membuat dudukan pada roda mobil tidak lagi sama. Hal ini tentu akan membuat baut pada roda akan cepat patah karena tidak sesuai dengan standar perusahaan mobil.

    • Memasang Baut Mobil dengan Asal-Asalan

    Penyebab terakhir yaitu baut pada roda mobil yang dipasang dengan asal-asalan. Hal ini tidak boleh dilakukan, karena untuk memasang baut pada roda mobil terdapat panduan yang perlu diikuti.

    Apabila baut mobil dipasang dengan kendur, hal ini akan membuat roda mobil bisa lepas sewaktu-waktu dan sangat membahayakan pengendara. Baut pada roda mobil harus pada setelan yang pas.

    Simak Cara Mengganti Baut Roda Mobil yang Benar

    Adapun cara mengganti baut pada roda mobil adalah sebagai berikut:

    • Pilih Jenis Baut Roda Mobil yang Sesuai

    Sebelum mengganti baut pada roda mobil, Anda perlu memperhatikan jenis baut yang akan Anda pasang. Pilihlah jenis baut yang tepat, memiliki ukuran, bahan, serta warna yang tidak merusak tampilan mobil Anda dan aman ketika digunakan.

    • Gunakan Ukuran Kunci yang Sesuai

    Untuk mengganti baut pada roda mobil tentu tenaga tangan Anda tidak akan cukup kuat. Oleh karenanya Anda memerlukan kunci untuk membuat baut pada roda mobil. 

    Gunalan kunci dengan ukuran yang sesuai dengan baut pada roda mobil Anda. Apabila Anda menggunakan ukuran yang tidak tepat, ini akan menyebabkan pemasangan yang tidak tepat untuk baut pada roda kendaraan Anda.