Berita

    Kenali Fungsi Lampu Tembak Pada Mobil

    Jangan asal menyalakan lampu tembak mobil saat mengemudi di malam hari. Sebab, hal tersebut justru bisa membahayakan pengendara lainnya. 

    Fungsi lampu tembak atau dikenal juga dengan sebutan lampu dim, lampu sorot, atau lampu jarak jauh ini tidak hanya untuk memberikan penerangan di jalanan yang gelap. 

    Tidak hanya itu, penggunaannya pun harus sesuai dengan etika agar semua pengguna jalan tetap aman saat berkendara. Berikut ini informasi seputar fungsi dan etika penggunaan lampu dim yang perlu Anda ketahui. 

    Pahami Fungsi dan Etika Menggunakan Lampu Tembak Mobil

    Jalanan yang gelap tentu akan menyulitkan pengendara untuk melihat objek yang ada di depan kendaraan. Itu sebabnya, mereka sangat terbantu dengan kehadiran lampu jarak jauh karena memiliki beberapa fungsi sekaligus. 

    Walaupun demikian, lampu dim ini tidak boleh secara sembarangan karena ada tata kramanya. Sebagai informasi, berikut ini fungsi dan etika dalam menggunakan lampu tembak pada mobil.

    Fungsi Lampu Tembak 

    Lampu tembak yang ada pada mobil setidaknya memiliki 3 fungsi, ketiga fungsi tersebut adalah sebagai berikut: 

            1. Membantu Menerangi Jalanan yang Gelap

    Fungsi yang pertama sudah pasti untuk memberikan pencahayaan terhadap jalanan yang gelap. Dengan adanya lampu tembak atau lampu dim tersebut, Anda bisa tetap melihat jauh ke depan hingga ke ujung jalan walaupun kondisinya gelap gulita. 

    Dengan menggunakan lampu tembak pada mobil sangat bermanfaat untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan karena faktor tidak bisa melihat kondisi jalan dengan lebih jelas.

            2. Sebagai Kode untuk Menyalip atau Berbelok

    Fungsi yang kedua dari lampu tembak mobil adalah untuk memberikan kode atau sinyal kepada pengendara lain yang ada di depan mobil Anda. Misalnya, memberi sinyal ketika hendak menyalip kendaraan lain atau berbelok arah. 

    Cahaya yang terpancar dari lampu dim ini bisa menjadi sinyal kepada kendaraan yang ada di depan bahwa pengemudi yang menyalakan lampu dim tersebut minta diberi jalan untuk menyalip. 

            3. Menghalau Kabut

    Fungsi yang ketiga adalah bisa dimanfaatkan sebagai penghalau kabut yang ada di jalanan. Meskipun hanya terdiri dari udara tipis, jika kabut tersebut berpadu akan membuat lokasi tersebut minim cahaya atau menjadi gelap.