Berita

    Ketahui Cara Menghilangkan Karat di Bagian Mobil

    Karat di bagian mobil dapat merusak tampilan kendaraan dan membuat permukaannya lebih rapuh sehingga rentan patah atau rusak. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan karat di bagian mobil sebelum area yang berkarat semakin banyak.

    Jika dibiarkan terus menerus, karat pada beberapa bagian mobil juga bisa merusak struktur mobil, bahkan dapat menyebar ke area lain. Semakin banyak area yang terkena karat, maka semakin besar pula biaya perawatannya.

    Begini Cara Menghilangkan Karat di Bagian Mobil

    Umumnya, karat atau korosi rentan terjadi di bagian eksterior mobil akibat paparan udara dan tingginya humidity atau tingkat kelembaban. Agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu membersihkan mobil secara berkala. Jika sudah terlanjur berkarat, berikut cara mengatasinya:

    • Gunakan Air Sabun

    Cara paling sederhana untuk menghilangkan karat pada mobil adalah dengan mencucinya secara berkala menggunakan air sabun. Ambil sabun cuci piring atau sabun pencuci mobil dan campurkan dengan air hangat.

    Setelah itu, gosokkan campuran air sabun tersebut pada area mobil yang terkena karat. Gosok secara perlahan-lahan hingga karatnya hilang, bilas dengan air bersih, lalu keringkan menggunakan lap bersih.

    • Gunakan Cuka Putih

    Cuka putih memiliki sifat asam yang dapat membantu menghilangkan karat pada mobil. Caranya, celupkan kain bersih ke dalam cuka putih dan gosokkan pada area yang terkena karat secara perlahan-lahan hingga karat hilang, lalu bilas dengan air.

    Selain digosokkan langsung, alternatif lain adalah dengan merendam komponen mobil yang berkarat ke dalam larutan cuka selama 1-2 hari. Cukup lepas bagian yang berkarat, rendam beberapa hari, dan sikat seperlunya agar karat semakin hilang.

    • Gunakan Soda Kue

    Cara selanjutnya adalah menggunakan soda kue atau baking soda. Pertama-tama, larutkan soda kue ke dalam air, kemudian sikat atau gosokkan ke permukaan mobil yang berkarat. Selain soda kue, Anda juga bisa menggunakan garam dan air lemon.

    Agar hasilnya lebih efektif, Anda perlu melakukan cara ini secara berkala selama beberapa kali. Setelah digosok, bilas dengan air bersih lalu keringkan menggunakan kain lap.

    • Gosok dengan Rust Remover

    Rust remover adalah bahan pembersih dengan formulasi khusus untuk menghilangkan karat di bagian mobil. Cara menggunakannya mudah, cukup rendam bagian berkarat ke rust remover selama 15 menit sampai maksimal 8 jam.