Ketahui Front Wheel Alignment & Sudutnya
Wheel alignment atau penyelarasan roda sering juga disebut sebagai penyelarasan ban dilakukan untuk tujuan penyelarasan dan optimalisasi sudut roda satu sama lain. Sehingga, kendaraan dapat berjalan sejajar dan tidak mempengaruhi cara berkendara atau bahkan membahayakan pengemudi.
Tanda Mobil Perlu Wheel Alignment
Ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan, tanda-tanda ini menunjukan bahwa mobil Anda perlu penyelarasan roda sesegera mungkin.
- Mobil Terasa Terlalu Menarik Ke Satu Sisi
Salah satu tanda yang paling mudah dikenali adalah saat mobil Anda menepi ke sisi tertentu saat berkendara.
Itu normal untuk sedikit menarik ke kiri atau kanan, namun jika Anda harus terus mengarahkan untuk tetap lurus, ini artinya Anda perlu segera membawa mobil ke bengkel.
- Roda Kemudi Mati di Tengah
Kemudi yang bengkok sering kali merupakan tanda kendaraan yang tidak sejajar. Saat Anda berkendara di jalan yang lurus, periksa untuk melihat di mana roda kemudi Anda sejajar.
Cara mudah untuk mengidentifikasi ini adalah dengan memeriksa apakah logo di tengah berada di tengah.
- Mobil atau Roda Kemudi Bergetar
Saat Anda merasa mobil Anda bergetar saat dikendarai, ini mungkin mengindikasikan beberapa masalah. Salah satunya adalah ketidaksejajaran roda. Segera perbaiki masalah ini dengan membawa mobil Anda ke bengkel.
Dengan membawawanya ke bengkel, kendaraan Anda akan segera ditangani oleh montir. Hal ini untuk memvalidasi jika penyebabnya adalah ketidakselarasan roda atau masalah lainnya.
- Ban jadi Cepat Aus
Keausan ban adalah indikator lain yang bisa Anda lihat untuk mendeteksi adanya masalah dalam kendaraan. Mirip dengan guncangan mobil, keausan ban yang tidak normal dapat menunjukkan masalah yang berbeda, salah satunya adalah ketidaksejajaran roda.
Sudut-sudut wheel alignment yang perlu diperhatikan untuk menjaga agar roda tetap lurus adalah sebagai berikut:
- Toe
Jika roda mengarah menjauh dari garis tengah ini disebut sebagai Toe Out (juga disebut Negative Toe). Jika roda mengarah ke garis tengah disebut Toe In (juga disebut Positive Toe).
Seperti camber, toe akan berubah tergantung kecepatan kendaraan. Fungsi dari sudut Toe sendiri adalah untuk memaksa kemudi agar tetap lurus ketika roda tergelincir ke arah lain.
Ini adalah tugas khusus Toe untuk membantu sudut Chamber. Selain itu, Toe juga bertugas untuk mengoreksi pada roda depan dan belakang.
- Camber
Camber adalah sudut roda jalan yang diukur dari sisi vertikal. Camber negatif adalah ketika bagian atas roda condong ke dalam kendaraan sedangkan Camber positif adalah ketika bagian atas roda jalan condong menjauh dari kendaraan.
Sudut ini diatur untuk membantu kendaraan saat menikung serta membantu stabilitas garis lurus. Sudut camber harus sama di kedua sisi kendaraan. Jika tidak kendaraan akan menarik drift ke kiri atau ke kanan.
Dan kalau tidak diatur dengan benar, ban akan menunjukkan keausan hanya pada satu sisi.
- Kaster
Sudut caster adalah sudut yang dapat dilihat dari samping ketika ban depan merespon sebuah belokan. Sudut ini sering diabaikan pada kendaraan yang bermasalah. Penyebab masalah jarak biasanya adalah kerusakan akibat kecelakaan.
Kedua sudut jarak tidak harus sama dengan efek jalan. Kaster dapat mempengaruhi kendaraan ketika berbelok ke kiri atau ke kanan.
- Turning Radius
Atau Radius belok merupakan jarak minimum (lebar dalam meter) yang dibutuhkan untuk membelokkan sebuah mobil. Jari-jarinya diambil dari mobil untuk berbelok pada posisi dead steer. Lebih rendah radius belok, lebih nyaman mobil untuk dikendarai di tempat sempit.
Masing-masing jenis mobil memiliki turning radius yang berbeda misalnya, secara umum mobil jenis hatchback memiliki radius putar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil sedan.
- Kingpin Inclination
Sudut camber roda dirancang untuk mengurangi offset kingpin, yaitu jarak antara proyeksi ke permukaan tanah sumbu kingpin dan titik kontak dengan ban. Kestabilan pada sudut ini akan membuat kemudi lebih stabil sehingga roda yang dibelokan (khususnya roda depan) saat berada di tikungan dapat tetap lurus ke depan.
Kingpin Inclination juga berkontribusi pada radius scrub roda kemudi, jarak antara pusat bidang kontak ban dan di mana sumbu gembong berpotongan dengan tanah. Jika titik-titik ini bertepatan, radius scrub adalah nol.
Itu tadi tanda-tanda mobil Anda perlu wheel alignment dan beberapa sudut penting yang mampu menjaga roda mobil tetap lurus. Jika merasakan keseimbangan berkendara mulai berkurang, disarankan Anda langsung melakukan spooring agar untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Untuk informasi lain soal otomotif, silahkan cek di https://suzukidwiperkasa.co.id/.