Berita

    Ketahui Fungsi Dari Central Lock Pintu Mobil

    Sistem central lock pintu mobil adalah salah satu fitur yang telah hadir di mobil selama beberapa dekade di Indonesia. Satu-satunya perbedaan dari dulu dan sekarang, adalah bahwa sebelumnya itu adalah fitur mobil yang cukup mewah dan jarang ditemui.

    Sekarang, fitur central lock dapat ditemukan di hampir setiap mobil, mulai dari hatchback murah hingga SUV premium. Berikut adalah semua yang perlu Anda ketahui tentang fungsi central lock pintu mobil dan informasi lainnya.

    Apa Fungsi dan Manfaat dari Sistem Central Lock Pintu Mobil?

    • Central lock pintu mobil memiliki fungsi tunggal untuk mengunci atau membuka kunci semua pintu di dalam mobil secara bersamaan, melalui remote atau saat pintu pengemudi terkunci. Ini adalah fitur kenyamanan, keselamatan dan keamanan.
    • Central lock dapat membantu untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan mobil dengan memperingatkan pengemudi melalui lampu peringatan yang ditujukan di tempat-tempat seperti speedometer jika pintu mobil terbuka. 
    • Adapun keamanan, mencegah pencurian mobil, melalui alarm yang saling terkait dengan sistem kunci mobil pusat yang semakin mengurangi kemungkinan pencurian.
    • Central lock juga berfungsi sebagai fitur yang nyaman bagi pengemudi untuk mengendalikan semua kunci pintu mobil, atau ketika pengemudi berada di luar mobil. Ini dapat mengunci atau membuka kunci semua pintu dengan mengklik tombol di kunci fob.

    Bagaimana Cara Kerja Sistem Penguncian Sentral?

    Central lock pintu mobil bekerja berdasarkan kode kunci dan gelombang radio. Secara sederhana, cara kerja sistem penguncian sentral dapat dijelaskan seperti ini: 

    • Kunci mobil bertindak sebagai pemancar dan mobil bertindak sebagai penerima. Setiap kali ada perintah dari kunci, mobil akan meresponnya. Namun, hanya jika kode penerima dan pemancar cocok, mobil akan merespons perintah tersebut.
    • Jika mobil dikunci menggunakan kunci, immobilizer akan mati. Immobilizer adalah alat pengaman pada mesin untuk mencegah mobil dicuri dengan cara mematikan mesin atas perintah pemancar, atau kunci.

    Model mobil yang lebih baru memiliki peralatan penguncian sentral yang dioperasikan dengan daya, sementara mobil yang lebih tua membawa sistem yang berbeda, yang sedikit lebih primitif daripada yang kita miliki saat ini.

    Apa yang Mengontrol Sistem Penguncian Sentral di dalam Mobil?