Berita

    Ketahui Rincian Biaya Perawatan Mobil per Bulan

    Biaya perawatan mobil perbulan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik ketika menyusun anggaran bulanan. Bila keliru dalam melangkah sedikit saja, anggaran bulanan yang Anda miliki bisa lebih dari limit. 

    Perawatan mobil menjadi hal yang harus dilakukan agar dapat menjaga performa kendaraan menjadi tetap baik. Ketika mobil dirawat, umur penggunaan akan jauh lebih lama bila dibandingkan dengan kendaraan yang tidak diberi perawatan secara berkala. Lebih-lebih jika Anda aktif menggunakan mobil. 

    Biaya Perawatan Mobil Perbulan

    Setiap bulannya, terdapat sejumlah pos anggaran yang harus dikeluarkan. Berikut biayanya, antara lain:

            1. Biaya Service

    Biaya yang pertama adalah biaya service. Biaya perawatan yang satu ini mengacu pada jarak tempuh. Umumnya, service yang dilakukan setiap 1000 km. Biasanya, service pertama dilakukan sebulan sesudah pembelian. 

    Service sebulan sesudah pembelian harus dilakukan agar mekanik dapat memeriksa kondisi mobil setelah menempuh jarak kurang lebih 1000 km. jika terdapat risiko kerusakan, nantinya konsumen   akan memperoleh garansi sesuai dengan buku panduan. 

    Umumnya, komponen yang dilakukan pengecekan seperti level cairan pendingin, cairan rem, filter udara, aki mobil, rem parkir, RMP idling dan beberapa komponen lain. Karena service oini dilakukan untuk pertama kali, biasanya biayanya gratis. 

    Kemudian, bila Anda rutin ke bengkel setiap sebulan sekali, estimasi biaya perawatannya kurang lebih Rp2 juta. Biaya perawatan tersebut seperti oli mobil dengan harga Rp400 ribuan, kemudian filter udara Rp100 ribuan, kanvas Rp1 jutaan, dan aki Rp700 ribuan. 

    Jumlah biaya ini dapat bervariasi, bergantung dari suku cadang yang harus di service. Selain itu biaya juga bergantung pada tingkat perawatannya apakah berada di level ringan, atau berat. 

            2. Cuci Mobil

    Dalam biaya perawatan mobil perbulan, Anda juga harus mencucinya dengan rutin, baik mencuci sendiri atau membawanya ke car wash. Jika Anda mencuci mobil di rumah biayanya mulai dari Rp140 ribuan. 

    Biaya tersebut untuk membeli sabun cuci mobil, alat cuci mobil dan kanebo. Alat tersebut dapat digunakan berkali-kali sehingga Anda tidak perlu cemas jika nantinya biaya cuci mobil akan membengkak. 

    Sedangkan, biaya cuci mobil di tempat pencucian mobil dalam sekali kunjungan mulai dari Rp40 ribuan hingga Rp150 ribuan. Bergantung dari jenis pencucian yang digunakan oleh jasa tersebut. Bila pencucian menggunakan sistem robotic, biasanya harga sekali cucinya Rp150 ribuan.