Berita

    Memahami Spoiler Mobil Beserta Fungsinya

    Spoiler mobil merupakan jenis komponen yang seringkali dianggap sepele padahal punya peran penting. Bukan hanya sekadar aksesori, komponen ini bisa berpengaruh langsung pada aerodinamika mobil saat berjalan. 

    Meskipun punya fungsi yang cukup penting, faktanya masih banyak juga pengguna mobil yang tidak paham dan menganggapnya sebagai pajangan. Mari cari tahu lebih jauh tentang komponen spoiler ini beserta fungsinya!

    Pengertian Spoiler Mobil

    Anda pasti sering melihat bagian bodi belakang atas mobil yang sedikit lebih panjang seperti sebuah sirip ikan. Bagian inilah yang disebut sebagai spoiler dan punya peran penting dalam menjaga performa mobil saat melaju. 

    Spoiler adalah salah satu komponen pada mobil yang bisa berpengaruh pada aerodinamika. Bagian ini juga akan meningkatkan downforce atau tekanan ke bagian bawah mobil secara efektif. 

    Biasanya komponen seperti ini bisa Anda jumpai pada beberapa jenis mobil tertentu. Beberapa tipe mobil yang biasanya memiliki spoiler di antaranya adalah mobil sedan, hatchback, juga minibus. 

    Fungsi Spoiler Mobil

    Bukan hanya sekadar aksesori, bagian ini ternyata punya fungsi yang cukup penting. Berikut adalah beberapa fungsi dari spoiler pada mobil:

    • Mencegah Kotoran Menempel

    Spoiler akan membantu mencegah kotoran dan debu menempel di bagian kaca belakang mobil. Terutama pada jenis mobil hatchback yang sering mengalami turbulensi di area belakang dan membuat banyak debu berputar di sekitar mobil. 

    Mobil yang memiliki komponen spoiler akan mengalami turbulensi yang jauh lebih rendah. Hal ini kemudian bisa mengurangi kotoran atau debu menempel di bagian kaca belakang mobil. 

    Tidak hanya debu, spoiler juga bisa membantu menghadang kotoran akibat air hujan yang mengalir di kaca. Spoiler ini bisa menghadang air hujan dengan baik dan mencegah turbulensi udara yang memicu kotoran menempel. 

    • Membuat Mobil Lebih Aerodinamis

    Fungsi spoiler mobil berikutnya adalah membuat mobil jadi lebih aerodinamis. Umumnya orang awam melihat bagian ini sebagai aksesori yang membuat mobil jadi terlihat lebih sporty, padahal lebih dari itu.