Berita

    Mengenal Dashcam Mobil: Fungsi dan Cara Memasangnya

    Pemasangan dashcam mobil kini semakin banyak dilakukan karena memiliki berbagai manfaat. Biasanya, kamera ini dipasang di dashboard depan atau di sekitar spion tengah.

    Tentu saja, komponen yang satu ini sangat berguna dalam berbagai aspek, salah satunya untuk mendukung keamanan dalam berkendara. Mari mengenal lebih lanjut tentang dashcam, termasuk berbagai kelebihan dan cara memasangnya!

    Mengenal Dashcam Mobil

    Dashcam merupakan singkatan dari dashboard camera, yang merupakan perangkat untuk merekam video. Dengan begitu, berbagai aktivitas di dalam mobil bisa direkam selama Anda melakukan perjalanan.

    Dashcam yang saat ini banyak beredar di pasaran secara umum memakai teknologi yang bisa merekam dengan terus-menerus. Video tersebut dalam bentuk pengulangan atau loop.

    Ketika kapasitasnya sudah penuh, maka rekaman yang paling lama akan digantikan oleh rekaman yang terbaru. Dengan begitu, tidak perlu untuk khawatir kehabisan tempat penyimpanan atau sejenisnya.

    Fungsi Dashcam

    Inilah berbagai kelebihan dari dashcam yang bisa membuat perjalanan Anda menjadi semakin aman dan nyaman.

    • Meningkatkan Keamanan

    Dengan adanya dashcam, maka setiap pengendara seharusnya lebih berhati-hati, sebab berbagai tindakannya bisa terekam dan menjadi bukti yang jelas.

    • Memantau Kendaraan saat Parkir

    Berbagai teknologi dashcam sudah bisa digunakan untuk memantau mobil yang sedang diparkir, sehingga hal ini bisa sangat bermanfaat untuk Anda.

    • Membantu Pemula untuk Meningkatkan Keterampilan Mengemudi

    Hasil rekaman dapat digunakan untuk melihat ulang dan memantau kemudi yang telah dilakukan. Hal ini berguna untuk pengemudi pemula sehingga bisa banyak belajar dari perjalanan sebelumnya.

    • Merekam Kejadian

    Berbagai kejadian atau pemandangan di tengah perjalanan juga bisa direkam melalui dashcam ini. Hal-hal menarik dan unik bisa Anda simpan untuk nantinya dilihat kembali.

    • Bisa Menjadi Bukti jika Terjadi Kecelakaan

    Semua pengendara pasti tidak ingin mengalami kecelakaan lalu lintas. Namun, kecelakaan bisa saja terjadi meski Anda sudah tertib dalam berkendara.

    Dengan adanya rekaman video, maka Anda bisa memiliki bukti tentang apa saja yang terjadi jika terjadi kecelakaan. Dengan begitu, bisa terlihat pihak mana yang bersalah dan harus bertanggung jawab.