Berita

    Ini Penyebab Indikator Airbag Menyala

    Sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda pasti tahu betapa pentingnya fungsi airbag untuk keselamatan berkendara. Namun selain itu, Anda juga perlu tahu penyebab indikator airbag menyala secara tiba-tiba. Apakah terdapat masalah atau kerusakan pada komponen tersebut?

    Biasanya ketika indikator airbag tiba-tiba menyala tanpa sebab, maka kemungkinan besar terdapat masalah. Lalu sebenarnya, apa saja penyebab indikator airbag tiba-tiba menyala? Simak selengkapnya di sini!

    5 Penyebab Indikator Airbag Menyala

    Kinerja airbag tergantung pada sensor atau indikator lampu mobil Anda. Untuk itu, jika terdapat gangguan pada bagian ini, maka harus segera ditemukan penyebabnya. Adapun beberapa hal yang bisa menjadi penyebab airbag menyala tanpa sebab adalah sebagai berikut.

    • Masalah Saklar Seatbelt

    Hal pertama yang bisa jadi penyebab indikator airbag tiba-tiba menyala tanpa sebab adalah terdapat masalah pada seatbelt. Selain airbag, seatbelt juga berperang penting untuk pengamanan pengendara dan penumpang saat perjalanan.

    Namun jika terdapat masalah pada saklar seatbelt, maka lampu indikator airbag pun akan mudah menyala. Beberapa gangguan yang menjadi penyebab rusaknya saklar seatbelt adalah debu atau kotoran yang menyumbat sehingga fungsinya terganggu.

    Sebagai upaya pencegahan, Anda bisa membersihkan bagian seatbelt dan jaga kebersihannya agar saklar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

    • Masalah Kabel Clock Spring

    Tahukah Anda bahwa clock spring juga bisa menjadi penyebab indikator airbag menyala sendiri. Clock spring adalah salah satu komponen yang menghubungkan unit airbag dengan driver module dan diletakkan di roda kemudi.

    Jika indikator pada airbag sering menyala tiba-tiba, maka ada kemungkinan kabel clock springlah yang menjadi penyebabnya. Hal tersebut bisa saja terjadi jika kemudi pernah dibongkar, lalu terdapat kesalahan saat proses pemasangan kembali.

    • Masalah pada Sistem Keamanan Mobil

    Sistem keamanan mobil juga dapat menjadi penyebab indikator airbag tiba-tiba menyala tanpa sebab. Meskipun hal tersebut sangat jarang terjadi, namun Anda tetap perlu melakukan pengecekan apakah terdapat masalah pada sistem keamanan mobil.

    Walaupun mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi Sistem Pengaman Tambahan (SRS) yang merupakan pengaman tambahan. Tetapi tetap saja, masalah pada sistem keamanan bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi.

    • Pernah Mengalami Kecelakaan