Berita

    Featured Image

    Tips Mengecek Shockbreaker Masih dalam Kondisi Baik atau Tidak

     

    Shockbreaker menjadi salah satu komponen mobil yang berpengaruh langsung terhadap kenyamanan dalam berkendara. Tentunya komponen ini harus selalu berada dalam kondisi prima agar Anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman. 

    Komponen mobil satu ini memiliki peran penting dalam meredam getaran atau guncangan pada mobil saat melaju. Jika kondisinya bagus maka Anda tidak akan merasakan getaran yang besar saat berkendara. 

    Tips Mengecek Shockbreaker

    Penting sekali untuk melakukan pengecekan komponen mobil secara berkala. Tujuannya agar Anda bisa mengidentifikasi adanya kerusakan sedini mungkin. Hal ini akan mempermudah Anda mengatasi kerusakan agar tidak berkembang lebih parah. 

    Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengecek apakah pemecah kejut pada mobil ini berfungsi dengan baik atau tidak. 

    • Periksa Bagian Kolong Mobil

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa bagian kolong mobil. Coba cek apakah di sana ada kebocoran oli atau tidak. Biasanya kerusakan pemecah kejut ini akan ditandai dengan adanya oli yang bocor. 

    Jika Anda menemukan adanya oli yang bocor, berarti bisa diketahui bahwa ada bagian seal yang mengalami kebocoran. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui dimana masalahnya. 

    • Tekan Belakang Mobil

    Anda juga bisa menekan bagian belakang mobil untuk menilai seperti apa kondisi pemecah kejut. Dalam hal ini Anda bisa melihat ayunan yang muncul ketika Anda menekan bagian belakang mobil. 

    Apabila pemecah kejut mengayun saat bagian belakang mobil ditekan, berarti komponen tersebut sudah cukup lemah. Buktinya hanya dengan tenaga manusia, komponen ini berayun yang artinya tidak bisa meredam kejut secara optimal. 

    Sebaliknya, jika tidak ada ayunan atau muncul ayunan yang sangat kecil saat bagian belakang mobil ditekan maka komponen ini masih berfungsi dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa pemecah kejut masih bisa meredam kejut dengan optimal. 

    • Cek Kemiringan Mobil

    Cobalah untuk mengecek kemiringan mobil Anda saat diparkir di tempat yang permukaannya rata. Jika shockbreaker masih berfungsi dengan baik, maka mobil Anda akan terlihat dalam posisi yang seimbang.

    Artinya, posisi mobil tidak akan miring ke kiri atau ke kanan karena pemecah kejut berfungsi dengan baik. Namun sebaliknya, jika ada masalah pada pemecah kejut maka posisi mobil Anda tidak akan seimbang padahal parkir di tempat yang rata.  

    • Lihat Kondisi Ban Mobil

    Tips lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kondisi pemecah kejut pada mobil adalah dengan melihat seperti apa kondisi ban. Ternyata kondisi ban juga bisa mencerminkan kinerja pemecah kejut. 

    Jika komponen ini mengalami kerusakan dan tidak berfungsi dengan baik maka kondisi ban akan aus dan rusak. Biasanya permukaan ban jadi tidak rata dan performanya menurun sehingga mobil jadi tidak nyaman dikendarai. 

    • Cermati Sensasi Berkendara

    Tentunya kerusakan pada komponen pemecah kejut akan memberi pengaruh langsung pada pengalaman berkendara Anda. Jika komponen ini mengalami kerusakan, pasti Anda tidak akan berkendara dengan nyaman.

    Cobalah untuk mencermati seperti apa sensasi saat berkendara yang Anda rasakan. Apakah mobil terasa seperti diayun dan tidak seimbang selama melaju atau tidak. Jika iya, berarti bisa jadi ada kerusakan pada pemecah kejut yang perlu ditinjau lebih lanjut.