Berita

    Mengenal Lebih Jauh Apa itu Cruise Control

    Berbagai perusahaan mobil selalu mengupdate fitur produknya untuk menarik pengguna. Seperti fitur cruise control yang jadi andalan mobil masa kini. Fitur ini digadang cocok dipakai untuk berkendara tetap stabil dan nyaman.

    Artikel ini akan mengajak Anda mengenal lebih jauh apa itu cruise control. Mulai dari fiturnya, manfaatnya hingga cara kerja fitur ini.

    Pengertian Cruise Control

    Cruise control adalah teknologi terbaru yang dimiliki oleh mobil untuk mengontrol kecepatan mesin secara otomatis. Sehingga Anda tidak perlu selalu menginjak pedal gas saat berkendara. Sebab sistem ini membuat mobil bisa berjalan dengan kecepatan konstan atau stabil. Teknologi ini memudahkan pengendara khususnya yang menempuh perjalanan jauh. Sebab kaki tidak perlu selalu menekan pedal, hanya bersiaga di sampingnya.

    Fungsi Cruise Control

    Seperti pengertiannya, fitur ini berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil secara konstan. Selain itu, fitur terbaru ini mampu membantu menyimpan tenaga Anda saat mengemudi mobil, karena tak harus menginjak pedal gas. Manfaat lain yang bisa didapatkan yakni menghemat bahan bakar. Sebab, fitur ini membuat mobil Anda berjalan secara konstan dan mengontrol bahan bakar.  

    Mekanisme Kerja Cruise Control

    Fitur ini bisa diaktifkan saat Anda melaju dengan kecepatan minimal 40 km/jam, dan maksimal 100 km/jam supaya lebih aman. Setelah itu, fitur ini akan membantu Anda untuk mengontrol kecepatan tetap di set yang ditentukan.  Nah, apabila saat fitur tersebut diaktifkan, kecepatan Anda tiba-tiba menurun, maka teknologi ini akan mengembalikan ke kecepatan awal. Fitur ini bisa tancap gas supaya kecepatan Anda konsisten. Pun sebaliknya jika kecepatan mobil bertambah saat berada di jalan menurun. Maka fitur ini bisa mengembalikan kecepatan mobil dengan mengontrol bahan bakar. Apabila anda ingin mengurangi kecepatan, maka Anda bisa melakukan setting kembali pada fitur ini. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Fitur ini bakal otomatis non aktif saat rem diinjak, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.  

    Kapan Bisa Menggunakan Cruise Control?

    Meski memiliki berbagai kelebihan, penggunaan fitur ini tidak boleh sembarangan. Anda sebaiknya mengaktifkan fitur ini saat berada di jalanan yang lengang atau tak banyak kendaraan. Seperti saat berada di tol. Meski begitu, Anda tetap harus melihat kondisi di tol. Apakah situasinya memungkinkan? Apakah pengguna tol melaju dengan kecepatan rata-rata stabil, atau malah kebut-kebutan? Sebab, kondisi ini saat mempengaruhi fitur cruise. Teknologi ini berbahaya apabila digunakan di jalan dengan pengendara yang kecepatannya tidak menentu, sangat cepat atau bahkan lambat. Anda juga harus memperhatikan cuaca saat akan mengaktifkan cruise ini. Sebab, fitur ini lebih aman digunakan saat cuaca sedang bagus, bukan cuaca buruk.

    Tips saat Mengaktifkan Cruise Control

    Setelah mengetahui apa itu cruise control, ada beberapa tips jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini. Simak ya!

            1. Pastikan jarak aman antar kendaraan minimal 150 meter,

            2. Siagakan kaki Anda di samping pedal, tapi jangan menekannya.

            3. Rileks namun tetap waspada melihat jalanan. Supaya bisa cepat bertindak apabila ada hal yang terjadi secara tiba-tiba.

    Jangan lupa untuk selalu rutin memeriksakan kondisi kendaraan, termasuk cruise control.  Anda bisa melakukan service berkala pada kendaraan. Pastikan juga bahwa service dilakukan di bengkel resmi Suzuki dengan mengunjungi website https://www.suzukidwiperkasa.co.id/ lalu pilih halaman service untuk menentukan jadwal booking service anda.