Berita

    Mengenal Jenis-jenis Lampu pada Mobil dan Fungsinya

    Lampu mobil merupakan komponen yang memiliki fungsi penting, terlebih untuk berkendara di jalan gelap. Lampu ini dapat membantu untuk dapat berkendara dengan aman.

    Terdapat berbagai jenis lampu pada mobil sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ada lampu yang digunakan untuk penerangan, ada pula yang menjadi tanda bagi pengguna jalan lain.

    Mengenal Jenis-jenis Lampu Mobil

    Terdapat berbagai jenis lampu pada mobil. Berikut merupakan jenis-jenis lampu pada mobil sesuai fungsinya.

    • Lampu Utama: Lampu Dekat

    Lampu utama (headlight) mobil terdiri dari lampu dekat dan lampu jauh. Lampu dekat atau disebut dengan low beam, merupakan lampu yang paling mudah dilihat.

    Sesuai namanya, fungsi lampu ini untuk memberi penerangan dengan jarak dekat, serta digunakan untuk kondisi normal.

    Biasanya, dipakai di sekitar pemukiman. Sorot dari lampu ini tidak mengganggu pengguna jalan lain.

    • Lampu Utama: Lampu Jauh

    Lampu utama selanjutnya yaitu lampu jauh atau high beam. Lampu mobil ini dapat memberikan penerangan untuk jangkauan yang jauh.

    Biasanya, lampu jauh dipakai untuk melintasi jalan gelap dan sepi. Lampu jauh jarang dipakai untuk kondisi jalan yang normal, sebab dapat mengganggu kendaraan lain dari arah sebaliknya.

    • Lampu Sein

    Selanjutnya, ada lampu sein yang tidak digunakan sebagai penerangan. Fungsi dari lampu sein yaitu untuk memberi tanda atau berkomunikasi dengan pengguna jalan yang lain.

    Lampu sein merupakan lampu yang menjadi tanda bahwa mobil akan berbelok atau berpindah jalur. Ketika hendak belok kanan atau kiri, maka Anda harus menghidupkan lampu sein sesuai arah belok.

    Karena merupakan tanda untuk pengguna jalan lain, maka lampu ini dipasang di bagian depan dan belakang. Pemakaiannya menjadi penting karena berhubungan erat dengan aspek keselamatan bagi banyak orang.

    • Lampu Rem

    Sesuai dengan namanya, lampu rem adalah lampu yang menjadi tanda rem. Lampu ini akan menyala secara otomatis jika pengendara sedang mengerem mobil.

    Lampu ini dipasang di belakang dan biasanya berwarna merah. Lampu ini dapat memberi tanda untuk kendaraan atau pengguna lain di belakang.

    • Lampu Mundur

    Mirip dengan fungsi lampu rem, lampu mundur akan memberikan tanda untuk pengguna jalan lain. Letaknya juga di bagian belakang mobil.