Berita

    Mengenal Priming Pump Mobil, Fungsi, dan Cara Kerjanya

    Mobil bermesin diesel memiliki berbagai kelebihan seperti penggunaan bahan bakar yang irit. Bahkan, satu liter solar bisa digunakan untuk 1-2 kilometer lebih panjang daripada mobil bermesin bensin. Ini disebabkan oleh adanya priming pump mobil.

    Sayangnya, belum banyak orang yang tahu mengenai apa itu priming pump beserta fungsi dan cara kerjanya. Jika Anda adalah salah satunya, maka ulasan di bawah ini bisa diperhatikan.

    Apa Itu Priming Pump Mobil?

    Jadi, priming pump adalah alat pada mesin diesel mobil. Fungsinya adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki ke sistem bahan bakar. Dengan demikian, mesin bisa memperoleh bahan bakar sehingga dapat beroperasi.

    Priming pump bisa membuat kinerja mesin diesel lebih baik daripada yang tak mempunyainya. Hal ini tentu akan mempengaruhi efisiensi mobil itu sendiri saat digunakan.

    Secara umum, ada dua jenis komponen priming pump yang biasa digunakan, yaitu distributor dan in line. Jenis ini digunakan dengan menyesuaikan tipe pompa pada mesin mobil.

    Ada juga jenis priming pump lainnya, yaitu mekanik dan elektrik. Jenis-jenis ini bisa disesuaikan dengan tipe mobil. 

     

    Apa Fungsi Priming Pump?

    Priming pump memiliki berbagai fungsi. Adapun, berikut merupakan poin-poin dan penjelasan ringkasnya: 

    • Memastikan Bahan Bakar

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, priming pump mobil mempunyai fungsi sebagai pemompa bahan bakar. Dengan demikian, komponen ini bisa memastikan mesin memperoleh bahan bakar yang cukup.

    Hal ini tentu penting bagi mesin itu sendiri. Tak hanya mendukung operasinya saja, namun bahan bakar yang cukup juga bisa membuat mesin beroperasi dengan efisien

    • Meningkatkan Kinerja

    Di atas juga telah disebutkan bahwa firing pump berfungsi untuk membuat kinerja menjadi lebih efisien. Hal ini tak hanya berdampak pada mesin saja namun juga mobil itu sendiri.

    Jika lebih efisien, maka kinerja mesin dan mobil pun meningkat. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan pengendara maupun penumpang saat mobil berjalan.

    • Membersihkan Ruang Pembakaran

    Tak hanya memastikan pasokan bahan bakar dan membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien saja, ternyata adanya firing pump juga bisa membuat ruang pembakaran menjadi lebih bersih pada beberapa kasus.

    Hal di atas terjadi karena priming pump bisa membersihkan ruang pembakaran dari kotoran-kotoran yang masuk. Jika ruang pembakaran tersebut bersih, maka mesin pun bisa menjadi lebih terawat

    • Mencegah Kerusakan

    Seluruh poin-poin di atas berujung pada satu hal, yaitu membuat mesin lebih awet. Hal ini disebabkan mesin bisa bekerja dengan lebih efisien dan terbebas dari segala kotoran sehingga tak mudah cepat rusak.

    Jika tak mudah rusak, maka Anda tak perlu sering-sering ke bengkel untuk memperbaiki mobil. Hal ini tak hanya menghemat uang, namun juga waktu Anda.

    Cara Kerja Priming Pump

    Dengan segala kelebihannya, mungkin Anda berpikir bahwa cara kerja priming pump cukup rumit.

     

    cara kerja priming pump mobil

    Pexels.com

    Namun sejatinya, priming pump beroperasi dengan cara yang cukup sederhana jika dijabarkan. Berikut selengkapnya:

    • Saat mesin dinyalakan, maka electric motor akan ikut beroperasi untuk menyalakan dan memutar fuel pump;

    • Jika sudah diputar, maka fuel pump bisa memompa bahan bakar akan melewati fuel lines untuk menuju ke mesin;

    • Lalu, bahan bakar akan masuk ke dalam sistem injeksi;

    • Sistem injeksi ini akan menyuntikkan dan memastikan mesin memperoleh bahan bakar untuk beroperasi dengan baik.