Berita

    Menjaga Kualitas dan Keawetan Ban Mobil

    Menjaga ban mobil sangat penting. Sebab, performa ban sangat mempengaruhi kinerja mobil. Selain itu, ban mobil yang terjaga keawetannya dapat meningkatkan keselamatan pengendara dan penumpang.

    Jika Anda merupakan pemilik kendaraan, sebaiknya ketahui dan terapkan berbagai cara untuk merawat ban! Dengan begitu, kualitas dan keawetannya pun bisa terjaga dengan baik.

    Cara Menjaga Ban Mobil serta Kualitasnya

    Inilah cara untuk menjaga ban supaya tetap terjaga kualitasnya dan tentunya bisa semakin awet atau tahan lama.

    • Pastikan untuk Menjaga Tekanan Angin

    Cara pertama untuk menjaga kualitas dan keawetan ban yaitu dengan memperhatikan dan menjaga tekanan anginnya. Inilah hal dasar yang penting diketahui dan dilakukan oleh setiap pemilik mobil.

    Pastikan tekanan angin sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Tekanan yang terlalu rendah bisa membuat ban mobil tidak bisa optimal dalam nemunpu berbagai muatan di atasnya.

    Sebaliknya, jika tekanannya terlalu tinggi, maka bisa berisiko membuat ban mobil menjadi lebih cepat aus.

    • Bersihkan Jika Ada Kotoran di Sela Ban

    Setelah Anda melalui jalanan dengan medan pasir, lumpur, atau sejenisnya, maka sebaiknya segera bersihkan ban mobil.

    Jika ditunda terlalu lama, maka kotoran yang menempel di sela ban akan mengeras. Kotoran tersebut jadi semakin sulit dihilangkan jika sudah mengeras, tidak seperti ketika masih basah.

    • Lakukan Perawatan

    Untuk menjaga ban mobil, tentunya Anda perlu melakukan berbagai pemeriksaan dan perawatan secara rutin. Perawatan ini perlu disesuaikan dengan jenis ban yang dipakai oleh mobil Anda.

    Ada jenis ban yang memiliki tingkat daya tahan cukup tinggi. Namun, ada pula jenis ban yang membutuhkan rotasi karena setiap sisinya mempunyai risiko aus yang berbeda.

    Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara perawatan yang tepat untuk ban mobil Anda.

    Hal ini bisa Anda tanyakan atau konsultasikan ke bengkel atau ahli, sehingga tidak salah perawatan. Selain itu, pemeriksaan rutin ketika servis juga perlu dilakukan.

    • Usahakan agar Tidak Terlalu Lama Terpapar Panas

    Selanjutnya, sebaiknya Anda mengusahakan supaya  mobil Anda tidak terlalu lama terpapar panas, misalnya ketika sedang parkir. Jika bisa, carilah tempat yang teduh untuk parkir mobil.

    Sumber: iStock