Berita

    Featured Image

    Perawatan Mobil Sendiri Vs Bengkel: Kapan Harus Melakukannya?

    Perawatan mobil memang sudah seharusnya dilakukan dengan cara yang tepat di waktu terbaik. Tidak selalu harus ke bengkel, ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah. 

    Sebagai pengguna mobil, Anda perlu lebih bijak lagi memahami kondisi kendaraan Anda. Dari sini Anda bisa mengetahui kapan harus membawa mobil ke bengkel dan kapan bisa melakukan perawatan sendiri. 

    Perawatan Mobil Sendiri

    Sebenarnya perawatan sendiri maupun di bengkel akan sangat bergantung pada pemilik kendaraan tersebut. Wawasan dan keahlian yang dimiliki dalam merawat mobil bisa membuat pengguna lebih sering melakukan perawatan sendiri. 

    Namun kali ini mari lihat secara umum kondisi apa yang bisa membuat mobil dirawat sendiri saja tanpa harus ke bengkel. 

    • Mengganti Air Radiator

    Pengecekan air radiator dan proses menggantinya cukup sederhana jadi tidak perlu membawa mobil ke bengkel. Anda bisa mengecek air radiator sendiri dan menggantinya di waktu yang tepat. 

    • Pemeriksaan Oli

    Selain air radiator, volume oli juga sangat penting untuk diperhatikan. Pemeriksaan volume oli ini dilakukan untuk memastikan bahwa mobil memiliki oli yang memadai untuk bekerja di bagian mesin. 

    Cara mengeceknya sangat mudah. Anda bisa memakai dipstick atau alat untuk mengukur volume oli. Tinggal celupkan saja dipstick dan lihat berapa volume oli yang tersisa. 

    • Pengecekan Kondisi Ban

    Ban menjadi salah satu komponen mobil yang memiliki peran sangat penting. Sebaiknya pengguna mobil melakukan pemeriksaan performa ban secara rutin. Pastikan ban dalam kondisi baik dan cukup tebal sehingga aman digunakan. 

    Selain pengecekan fisik, penting juga untuk memastikan tekanan angin pada ban sudah pas. Perhatikan baik-baik berapa tekanan angin yang ideal dan pastikan Anda sudah memberikan tekanan tersebut pada ban. 

    • Pembersihan Mobil

    Ini sebenarnya merupakan langkah perawatan yang paling sederhana untuk mobil Anda. Kebersihan mobil ini tidak hanya berpengaruh pada tampilan luar namun juga performa mobil itu sendiri. 

    Pastikan untuk membersihkan mobil secara rutin luar dan dalam. Tidak hanya bagian bodi mobil namun juga sampai ke komponen mesin agar kotoran dan debu tidak mengganggu performa. 

    Perawatan Mobil di Bengkel

    Perawatan Mobil di Bengkel

    Lalu, kapan Anda harus membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan? Anda bisa membawa mobil ke bengkel saat terjadi kerusakan yang sulit untuk dikendalikan sendiri. 

    Tentunya setiap pengguna mobil memiliki penilaian yang berbeda-beda terhadap kondisi mobil masing-masing. Berikut adalah beberapa contoh jenis perawatan untuk mobil yang perlu dilakukan di bengkel. 

    • Perbaikan Mesin

    Jika terjadi masalah pada mesin, akan jauh lebih baik untuk segera membawa mobil Anda ke bengkel. Perbaikan mesin membutuhkan keahlian khusus dan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

    Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel begitu ada indikasi kerusakan pada mesin mobil Anda. Jangan menunggu terjadi kerusakan yang lebih parah agar proses perbaikan bisa lebih mudah. 

    • Ganti Oli

    Jika oli mobil sudah berada di bawah volume standar atau kondisi oli memang sudah harus diganti, maka bawalah mobil Anda ke bengkel. Lakukan penggantian oli agar performa mesin tetap terjaga. 

    • Ganti Ban

    Anda juga bisa membawa mobil ke bengkel untuk mengganti ban. Proses penggantian ban ini harus dilakukan dengan tepat agar tidak mengganggu performa mobil saat berkendara. 

    • Servis Rutin

    Tentunya Anda juga wajib membawa mobil ke bengkel tepercaya jika sudah tiba jadwal untuk servis rutin. Servis rutin ini sangat penting untuk dilakukan demi mencegah terjadinya kerusakan parah pada mobil.