Berita

    Perhatikan Tanda Kaca Mobil Berjamur

    Bersih dari debu saja ternyata tidak cukup, sebab komponen seperti kaca mobil juga rentan berjamur. Dampak kaca mobil berjamur yaitu dapat mengganggu keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, sekaligus membuat penampilan mobil jadi kurang menarik.

    Hal ini karena timbulnya jamur bisa mengganggu visibilitas kaca mobil saat berkendara. Oleh karena itu, setiap pengendara atau pemilik mobil perlu mengenali apa saja tanda-tanda kaca mobil yang berjamur serta bagaimana cara mengatasinya.

    Tanda-Tanda Kaca Mobil Berjamur

    Saat kaca mobil terkena jamur, sebenarnya Anda bisa memeriksa dan melihatnya secara langsung. Namun, beberapa pengemudi terkadang salah mengartikan bercak jamur sebagai debu. Agar tidak salah mengecek, simak tanda-tanda rincinya berikut ini.

    • Muncul Bercak Putih

    Tanda paling jelas yang bisa diamati dengan mata telanjang adalah bercak putih pada kaca. Jika bercak tersebut tampak mengeras, itu artinya bercak tersebut bukan merupakan debu, melainkan jamur.

    Biasanya, bercak tersebut paling banyak terdapat pada bagian ujung kaca. Bagian tersebut paling rentan berjamur akibat endapan air hujan yang mengering dan tidak dilap hingga kering sempurna.

    • Kaca Terlihat Kusam

    Ciri-ciri berikutnya yaitu kaca mobil terlihat kusam meskipun sudah dibersihkan. Hal ini karena lapisan jamur berbeda dengan lapisan debu yang lebih mudah dibersihkan menggunakan lap.

    Selain terlihat kusam, biasanya kaca terlihat lebih kabur sehingga pandangan menjadi tidak jelas. Selain itu, umumnya juga terdapat lapisan lemak atau minyak pada permukaan kaca yang mengganggu visibilitas dari dalam mobil.

    • Kaca Terasa Licin

    Jika Anda kesulitan mengamati cirinya secara visual, maka langkah terakhir adalah menyentuhnya secara langsung. Kaca mobil berjamur akan terasa lebih licin dari biasanya saat disentuh, terutama dalam keadaan basah.

    Apabila hal ini terjadi, Anda harus segera membersihkannya sebelum lapisan jamur semakin mengeras. Jika sudah terlanjur mengeras, maka solusinya adalah dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus.

    Cara Mengatasi Kaca Mobil yang Berjamur

    Salah satu cara mencegah timbulnya jamur pada kaca mobil adalah dengan rutin membersihkannya setelah terkena air hujan. Lalu, bagaimana jika jamur sudah terlanjur timbul? Simak langkah-langkah berikut ini sebagai solusinya.

    • Gunakan Baking Soda