Berita

    Featured Image

    Tips Mencegah Bagian Kaki-Kaki Mobil Berkarat

    Salah satu hal yang bisa mengganggu kenyamanan berkendaraan saat perjalanan adalah masalah pada kaki kaki mobil berkarat. Tidak hanya mengganggu tampilannya saja, karat juga bisa mengancam integritas struktural pada kaki-kaki mobil.

    Oleh karena itu, penting sekali mengetahui apa penyebab kaki mobil bermasalah. Sehingga, akan lebih mudah untuk mengantisipasi timbulnya karat pada komponen kendaraan Anda.

    Tips Mencegah Kaki-Kaki Mobil Berkarat

    Untuk mencegah munculnya karat, ada beberapa bentuk pencegahan yang bisa Anda lakukan pada bagian kaki-kaki mobil. Langkah-langkah berikut ini, bisa membantu perawatan komponen secara maksimal. Apa saja itu? Berikut simak penjelasan selengkapnya!

    • Jaga agar Tetap Kering

    Bagian kaki-kaki mobil sering kali terkena percikan air sehingga membuat area tersebut cukup lembab. Masalah ini biasa terjadi terutama jika mobil sering melintasi jalanan banjir atau berkendaraan saat curah hujan tinggi.

    hindari genangan air di jalan dan Jaga agar Tetap KeringFreepik.com

    Akibatnya, air yang menempel pada baut dan sulit mengering sehingga memicu proses terjadinya korosi. Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu memastikan kondisi kaki-kaki mobil tetap kering.

    • Hindari Kontaminasi Kimia

    Cairan atau benda yang terkontaminasi dengan bahan kimia seperti alkali, zat asam dan lain sebagainya juga bisa menimbulkan karat pada kaki mobil. Maka dari itu, hindari penggunaan bahan-bahan yang terkontaminasi kimia berbahaya saat menggunakan mobil.

    Kontaminasi kimia yang mengenai komponen kendaraan bisa membuat lapisan perlindungan tersebut rusak. Lama kelamaan, ini membuat baut kaki mobil bisa mengalami korosi lebih parah.

    • Berikan Perlindungan dan Pencegahan

    Mencegah lebih baik daripada mengobati, itu menjadi salah satu prinsip untuk memeliharan segala jenis benda yang kita miliki. Begitu pula saat memiliki mobil, penting sekali untuk menjaga serta mencegah dari kerusakan.

    Untuk meningkatkan pencegahan ini, Anda bisa tetap menjaga kebersihan dan memberikan perlindungan pada komponen yang riskan mengalami kerusakan. Misalnya seperti menggunakan lapisan anti karat yang bisa beresiko terhadap korosi.

    • Pertimbangkan Umur dan Material Baut

    Tips berikutnya adalah memperhatikan berapa usia penggunaan dan kualitas dari material baut mobil And. Baut dengan usia pakai yang cukup lama, besar kemungkinan akan mengalami korosi serta mengurangi kinerja lapisan pelindung.

    Sebaliknya, jika baut cepat rusak dari rata-rata usia pakai, bisa jadi memiliki kualitas material yang buruk. Oleh karena itu, akan lebih mudah jika Anda mempertimbangkan material baut yang tahan karat seperti perpaduan baja dan logam khusus.

    • Jangan Berkendara Secara Ekstrim

    Penting juga untuk menjaga kecepatan laju mobil untuk menghindari kerusakan pada kaki mobil Sebaliknya, jika Anda berkendara secara ekstrim, ini bisa merusak beberapa komponen seperti baut.

    Kondisi ini tentunya bisa mempercepat proses korosi, dan menyebabkan baut kaki-kaki mobil berkarat. Oleh karena itu, sebaiknya berkendaraan lah dengan aman selama perjalanan.

    • Lakukan Perbaikan Rutin ke Bengkel

    Jika kondisi korosi pada bagian kaki mobil sudah cukup parah, segera lakukan perbaikan ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Langkah ini bisa menjadi opsi terakhir dengan melakukan penggantian komponen baut yang baru.

    Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kondisi kaki-kaki mobil berkarat. Beberapa langkah ini juga perlu Anda antisipasi dengan menelusuri beberapa penyebab masalah korosi pada komponen kendaraan tersebut.