Berita

    Tips Mengatasi Rem yang Terlalu Sensitif atau Tidak Responsif

    Bagi Anda para pengendara mobil tentu mengetahui pentingnya peranan rem mobil. Perlu Anda ketahui bahwa rem dapat menunjang keselamatan pada saat berkendara, ini dikarenakan  perannya yang sangat penting untuk mengontrol laju kendaraan. 

    Seringkali para pengendara mendapati rem pada mobil mengalami beberapa masalah seperti rem yang terlalu sensitif hingga tidak responsif.. Untuk itu penting Anda untuk selalu memastikan rem dalam kondisi prima. 

    Demi mengetahui lebih lengkap mengenai cara merawat dan dan mengatasi masalah pada rem, jangan lewatkan informasi berikut ini!

    Tips Merawat Rem Mobil yang Benar

    Perawatan rem memang menjadi hal yang harus dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Berikut ini beberapa tips dan langkah yang perlu Anda lakukan:

    • Rutin Cek Ketebalan Kampas dan Minyak Rem

    Penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan tingkat ketebalan kampas dan juga kualitas minyak rem. Untuk mengecek hal tersebut, Anda dapat melakukannya di bengkel kepercayaan Anda. 

    • Membersihkan dan Memberi Pelumas pada Kampas dan Kaliper

    Anda juga perlu membersihkan bagian kampas dan kaliper rem dengan menggunakan cairan khusus. 

    Apabila Anda sudah membersihkannya, jangan lupa untuk memberikan pelumas pada bagian tersebut, tujuannya agar suhu pada sistem rem tidak mudah panas dan juga tidak menghasilkan bunyi yang mengganggu saat dioperasikan. 

    • Mengganti Minyak Rem Secara Rutin

    Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya, rem cakram bekerja dengan sistem hidrolis yang berarti tekanan dari cairan minyak rem. Untuk menjaga kualitas minyak rem, ada baiknya Anda menggantinya setiap tiga tahun atau sekitar 60.000 km sekali. 

    mengganti minyak rem

    Anda juga perlu memeriksa level ketinggian minyak rem, apabila dirasa tidak wajar, ada kemungkinan terjadi kebocoran pada bagian tersebut. Itu mengapa pengecekan perlu dilakukan secara rutin. 

    • Lakukanlah Bubut pada Piringan Rem

    Apabila Anda merasakan getaran pada saat mesin mobil sedang dioperasikan, ada kemungkinan penyebabnya adalah permukaan piringan rem yang sudah tidak mulus atau tidak rata. 

    Untuk dapat menghilangkan getaran tersebut, maka piringan rem ini perlu dibubut sehingga permukaannya dapat rata kembali. 

    Namun perlu Anda ketahui juga bahwa setiap jenis mobil memiliki minimal ketebalan piringan rem yang berbeda-beda untuk dapat dibubut. 

    • Waspadai Kemunculan Bunyi yang Asing

    Masalah lain yang seringkali terjadi adalah munculnya bunyi asing ketika mesin sedang beroperasi. Hal ini tentu akan sangat mengganggu Anda saat berkendara. 

    Apabila Anda mendapati adanya bunyi yang asing, pastikan Anda segera memeriksakannya ke bengkel kepercayaan Anda. 

    Lalu, Bagaimana Solusi untuk Rem Mobil Terlalu Sensitif?

    Jika Anda mendapati rem terlalu sensitif, Anda dapat melakukan pemeriksaan pada minyak rem. Apabila reservoir terlihat penuh, Anda dapat meniriskannya dengan menggunakan siphon

    Berhati-hatilah saat melakukannya jangan sampai minyak rem terkontaminasi oleh apapun karena dapat berbahaya dan dapat menurunkan performa sistem rem. 

    Bersihkan pula bagian rem terutama jika terlihat banyak karat atau korosi, dengan begitu Anda dapat mengetahui apakah perlu mengganti bantalan atau rotor baru atau tidak. Kampas rem yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan rem menjadi terlalu sensitif. 

    Namun agar Anda dapat lebih yakin, ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dapat mengetahui apakah bagian kalipernya perlu diganti ataukah Anda membutuhkan saluran rem baru. 

    Dengan begitu masalah rem mobil yang terlalu sensitif dapat segera teratasi dan Anda dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman.