Berita

    Featured Image

    Alasan Mobil Tetap Bau Tidak Sedap Meski Sudah Diberi Pewangi

    Kenyamanan perlu diperhatikan agar pengemudi dan penumpang tetap betah di dalam mobil meskipun dalam perjalanan panjang. Salah satu faktor yang dapat menunjangnya adalah aroma pada mobil. Sayangnya, masalah mobil bau kerap muncul meski sudah diberi pewangi.

    Lantas, mengapa mobil bisa tetap bau? Ada berbagai alasan yang menjadi penyebabnya. Selengkapnya dapat dilihat dalam artikel ini beserta cara untuk mengatasinya.

    Alasan Mobil Bau Meski Sudah Diberi Pewangi

    Ada beragam penyebab yang membuat mobil tetap bau meskipun sudah diberi pewangi. Berikut di antaranya.

    • Kotoran

    Penyebab paling umum mobil tetap bau adalah adanya kotoran yang masih tertinggal di dalam kabin. Misalnya adalah sisa makanan, minuman, atau kotoran lain yang berasal dari luar.

    Bau ini akan semakin parah bila mobil tak pernah dicuci dan ada sesuatu yang membusuk di dalamnya, seperti makanan basah. Pewangi apapun akan sulit untuk menangkal baunya.

    • Kebocoran Sistem Pendingin

    Bila mencium aroma manis, maka bisa jadi sistem pendingin mobil mengalami kebocoran. Saat mengalami kebocoran, sistem tersebut akan mengeluarkan antifreeze yang aromanya seperti barang manis.

    Meskipun manis, antifreeze adalah zat yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan dan mata. Gangguan kesehatan lebih serius bisa muncul jika terus dibiarkan.

    • Kelembapan

    Bila sering diparkir di daerah dengan kelembapan tinggi, maka masalah mobil bau apek akan muncul. Tentu hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan karena udara yang terlalu lembap bisa membuat kinerja paru-paru terganggu.

    Tak hanya itu saja, masalah lain pada mobil juga bisa muncul jika terlalu lembap. Salah satunya adalah cat yang terkelupas.

    • Ada Sesuatu Tersembunyi

    Terkadang ada hal-hal tersembunyi yang tidak diketahui sebelumnya namun menyebabkan bau menyengat pada mobil. Salah satunya adalah bangkai hewan.

    Peluang adanya bangkai hewan tersembunyi akan semakin besar jika mobil diparkir secara sembarangan. Terlebih lagi di tempat-tempat kotor yang menjadi habitat hewan liar, seperti dekat dengan tempat sampah.

    • Korsleting

    Mobil terdiri dari sistem kelistrikan. Sayangnya karena alasan tertentu, sistem ini akan mengalami korsleting sehingga membuat mobil bau gosong. Tak hanya itu saja, korsleting juga bisa membuat mobil tidak bisa beroperasi.

    Masalah ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama karena korsleting mampu menyebabkan kebakaran. Tentu hal ini akan membahayakan diri pengendara dan penumpang jika berada di dalamnya.

    Cara Mengatasi Bau pada Mobil

    Ada beragam cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bau seperti penjelasan di atas. Inilah di antaranya.

    • Membersihkan secara Berkala

    Bagian kabin mobil perlu dibersihkan secara berkala agar semua kotoran dapat terangkat. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan vacuum cleaner hingga menggunakan sikat dan sabun.

    • Mengecek Kondisi Kendaraan

    Seperti yang telah disebutkan di atas, bau pada mobil bisa disebabkan oleh berbagai masalah internal. Oleh sebab itu, kondisi kendaraan perlu diperiksa terutama jika ada bau mencurigakan muncul.

    • Bubuk Kopi

    Bubuk kopi kerap digunakan untuk mengatasi masalah bau membandel. Caranya dengan membersihkan area kabin menggunakan bubuk kopi yang telah diseduh. Lalu, letakkan juga bubuk kopi di suatu sudut untuk menyerap bau membandel pada mobil.