Berita

    Featured Image

    Bagian Mobil Ini Sangat Disarankan Pakai Spare Part Asli

    Salah satu keuntungan spare part asli adalah daya tahannya yang bisa seumur hidup. Itulah mengapa, penting untuk menggunakan spare part atau suku cadang asli demi kinerja mobil yang optimal. 

    Melakukan penggantian komponen dengan bagian yang asli pun krusial agar kualitasnya selalu prima. Baca artikel hingga akhir untuk memahami bagian-bagian mobil yang sebaiknya menggunakan suku cadang asli!

    4 Keuntungan Spare Part Asli untuk Mobil

    Sebelum mengetahui apa saja bagian mobil yang perlu suku cadang asli, berikut berbagai keuntungannya bagi Anda:

    • Spare Part telah Mengalami Pengujian

    Pengujian tabrak dilakukan oleh produsen menggunakan mobil dengan suku cadang asli. Selain itu, lembaga keselamatan kendaraan juga menjadi pihak yang menyetujui hasil uji tabrak tersebut.

    Lebih jelasnya, suku cadang asli akan memberikan Anda perlindungan yang memadai saat terjadi kecelakaan. 

    Bila Anda mengubah satu saja komponen rusak dengan suku cadang palsu, maka siap-siap merasakan dampak kecelakaan yang lebih parah. Ini mengingat satu suku cadang palsu dapat mengubah seluruh sistem perlindungan pada mobil.

    • Terbukti Mutu dan Daya Tahannya

    Sebelum dijual untuk publik, mobil dengan suku cadang asli sudah diuji hingga ke bagian baut dan mur. Pengujian mulai dari terpapar temperatur ekstrem hingga buka-tutup berulang kali.

    Bila mobil lulus pengujian, maka mutu dan daya tahannya terbukti memadai untuk digunakan oleh publik. Ini menjadi keuntungan spare part asli yang patut Anda pahami. Bila menggunakan suku cadang palsu, mutu dan daya tahannya belum terbukti.

    • Mudah Dipasang dengan Tepat

    Ukuran suku cadang asli persis dengan komponen mobil yang perlu penggantian. Sebab, sumbernya berasal dari pabrikan yang sama. Jika Anda menggunakan suku cadang palsu, umumnya akan terdapat celah panel karena ukuran tidak persis sama.

    Hal tersebut membuat tampilan mobil jadi kurang menarik. Tidak hanya itu, kinerja mobil hingga sistem keselamatan pun berisiko tidak berfungsi dengan semestinya. Jadi, sebaiknya lakukan investasi pada suku cadang asli. 

    • Integritas Spare Part Terjaga 

    Suku cadang asli memudahkan pelaksanaan prosedur perbaikan berdasarkan standar pabrikan. Ini akan menjaga integritas kendaraan sampai pada saat Anda memutuskan untuk menjualnya. 

    Nilai jual mobil dengan suku cadang asli pun terjamin lebih menguntungkan. Jadi, jangan turunkan nilai mobil Anda dengan menggunakan suku cadang palsu.

    Bagian Mobil yang Sangat Disarankan Pakai Suku Cadang Asli

    Setelah mengetahui berbagai keuntungan spare part asli, berikut daftar bagian mobil yang sebaiknya Anda ganti dengan suku cadang asli:

    • Kampas Rem

    Komponen ini sangat penting dalam mengatur laju mobil. Anda wajib mengeceknya secara berkala. Bila sudah habis, kampas rem wajib Anda ganti dengan suku cadang asli. Ini demi menjaga performanya dalam menjamin kenyamanan laju mobil..

    • Oli Mesin

    Suku cadang oli mesin lengkap dengan filternya perlu Anda ganti dengan rutin. Pastikan hanya menggunakan suku cadang pabrikan yang asli. Sebab, fungsinya esensial sebagai pelumas mesin agar tetap stabil.

    Adapun filter oli berguna sebagai penyaring kotoran dan memelihara kinerja oli. Terutama bila intensitas pemakaian mobil cukup tinggi.

    • Aki 

    Komponen satu ini krusial karena memasok tenaga ke sistem kelistrikan mobil. Bila sudah aus, sebaiknya ganti dengan yang asli dari pabrikan. Jadi, performa mobil tetap memadai ketika dioperasikan.

    aki mobil asli

    • Filter AC

    Menjaga suhu di dalam mobil dapat dilakukan melalui perawatan filter AC. Hindari menggunakan suku cadang palsu. Ini berisiko membuat AC tidak dingin. Lama kelamaan, AC pun bisa rusak dan tidak maksimal lagi kinerjanya.