Berita

    Ini Dia Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

    Kerak oli pada mesin mobil yang tidak dibersihkan dengan benar akan meninggalkan bekas. Selain itu, juga dapat menimbulkan suara ngelitik atau knocking pada mesin mobil. Pengguna mobil tidak nyaman karena konsentrasinya akan terganggu dengan suara tersebut.

    Hal ini disebabkan oleh ruang bakar yang menumpuk kotoran akibat dari bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan nilai oktannya. Jika dibiarkan dan tidak dibersihkan secara rutin, maka kerak dapat menimbulkan kerak.

    Mesin selalu membutuhkan oli yang dapat dijadikan sebagai pelumas. Tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya gesekan berlebih yang membuat mesin menjadi panas. Pada kondisi ini, oli akan mudah terselip pada sisi mesin.

    Kualitas oli pun akan menurun akibat hal ini karena kotoran dapat mengganggu kinerja oli pada ruang mesin. Tentunya juga dapat berdampak pada kinerja mesin yang menjadi kurang optimal.

    Masuknya kotoran dan debu ke ruang mesin juga dapat membuat kualitas oli menurun, sehingga bisa menyebabkan munculnya kerak atau endapan oli. Sebenarnya kondisi ini dapat dilakukan pembersihan secara mandiri di rumah hanya dengan cairan khusus membersihkan mesin yang berkerak.

    Alat untuk Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

    Dalam melakukan pembersihan pada mesin yang dipenuhi oleh bekas-bekas oli ternyata cukup mudah karena hanya menggunakan alat-alat yang ada di rumah, lho.

            1. Spons

    Spons menjadi salah satu alat yang paling sering digunakan untuk membersihkan bagian kendaraan. Pastikan spons yang digunakan telah bersih dari penggunaan sebelumnya.

    Alat ini dapat digunakan untuk membersihkan bagian luar mesin yang terdapat kotoran atau kerak membandel. Tentunya spons tersebut telah di balurkan sabun pembersih khusus.

            2. Sikat

    Penumpukan kerak biasanya terdapat pada sela-sela mesin. Untuk menjangkaunya, Anda dapat menggunakan berbagai jenis sikat. Sikat yang berukuran agak besar dapat digunakan untuk membersihkan bagian luar. Sedangkan sela-sela mesin dapat menggunakan sikat gigi bekas yang tentunya masih bersih.

            3. Kain Microfiber

    Kain microfiber sering dikenal dengan istilah lap kanebo yang sering digunakan untuk membersihkan alat rumah tangga hingga kendaraan.

    Gunakan kain ini untuk mengelap sisi-sisi kerak yang telah mengelupas. Basahi sedikit kain microfiber dengan air atau sabun khusus untuk mempermudah proses pengangkatan kerak dan kotoran.

    2 Cara Membersihkan Mesin yang Berkerak