Berita

    Kenali Fungsi dan Kelebihan dari Power Window

    Power window memberikan kemudahan kepada pengendara atau penumpang untuk membuka dan menutup kaca di pintu mobil. Sekarang ini, beberapa jenis mobil sudah hampir keseluruhan menggunakan power window tersebut. Teknologi ini memberikan banyak manfaat dan penggunaannya pun benar-benar sangat membantu.

     

    Hal ini akan sangat membantu dalam membuka dan menutupnya, sehingga pengendara atau penumpang tidak membutuhkan usaha yang berlebih. Proses kerjanya pun relatif lebih simpel, cukup menekan tombol yang ada, maka kaca akan tertutup atau terbuka dengan sendirinya. Untuk lebih mengenal secara lebih dekat terkait power window, simak penjelasannya. 

    Mengenal Power Window

    Teknologi power window adalah bagian yang tidak berkaitan secara langsung dengan mesin pada mobil. Bagiannya itu berasal dari rangkaian mekatronik yang menjadi bagian gabungan antara mekanik dan teknologi. Melalui kombinasi tersebut memberikan energi untuk mengangkat kaca jendela pada mobil dengan pencet satu tombol saja. 

     

    Cara kerja nya pun relatif tidak begitu rumit, karena ada sistem yang langsung disematkan dengan adanya rangkaian elektronik pada kaca jendela. Nah, adanya energi atau rangkaian elektronik tersebut bisa membantu untuk menaikan dan menurunkan kaca jendela mobilnya ketika tombol yang ada di dalam kabin ditekan. 

     

    Kehadiran power window dalam kendaraan roda empat sendiri memberikan banyak manfaat, sehingga membuat pengendara dan penumpang pun akan jauh lebih nyaman dibandingkan dengan mekanisme secara manual. Cukup lewat tombol, maka bisa menaikan dan menurunkan kaca jendela pada mobil tersebut. 

    Beragam Fitur Power Window

    1. Manual Up & Down

    Sebenarnya ini power window yang proses kerjanya secara manual. Untuk pengoperasiannya sendiri dengan menekan tombol ke bawah agar kacanya turun atau sebaliknya. Pada prosesnya ini memang bisa dibilang unik. 

     

    power window

    2. Auto Up & Down

    Nah, ini termasuk yang enak dan tidak begitu repot dalam pengoperasiannya. Pada tahap ini, kamu bisa langsung sekali tekan saja tombolnya, maka kaca jendela mobil bisa naik atau turun. Di Indonesia sendiri, kondisi ini hanya ditemukan pada sisi samping pengemudi saja. 

    3. All Auto Up & Down 

    Untuk fitur ini ada pada beberapa kendaraan, biasanya dilakukan oleh pengemudi untuk menaikan atau menurunkan kaca jendela mobil secara menyeluruh menggunakan satu tombol saja. Proses ini terbilang tidak ribet dan sangat membantu untuk mempercepat dalam menutup atau membuka kaca jendelanya. 

    Tips Merawat Power Window 

    Pada bagian ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dan pahami agar power window yang ada di mobil kamu bisa tahan lama, diantaranya: 

    1. Gunakan Sesuai Kebutuhan 

    Jika power window nya digunakan untuk beberapa kebutuhan yang tidak terlalu penting, maka akan membuat proses kinerja dari motornya akan melemah dan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, gunakan saja secara bijak dan sewajarnya. 

    2. Kaca Jendela yang Bersih 

    Langkah berikutnya yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan untuk melihat kaca jendela nya selalu dalam keadaan bersih dan tidak kotor, jika power window banyak debu dan kotoran yang menempel akan mengganggu kinerjanya. 

    3. Tidak Digunakan Dalam Waktu yang Lama 

    Jika terlalu sering digunakan dan buka atau tutup akan menimbulkan berbagai kerusakan, begitu juga kalau kamu tidak pernah menggunakannya. Tentunya, bagian ini akan menimbulkan kemacetan dan apabila dibiarkan terlalu lama akan mengalami kerusakan. 

     

    Demikianlah penjelasan mengenai power window. Bagian ini memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk mempermudah semuanya.  Jangan lupa tetap jaga kondisi mobil Anda dengan jadwalkan servis di suzukidwiperkasa.co.id