Berita

    Ketahui Cara Mengukur Aki Mobil

    Salah satu komponen yang memiliki peran penting agar mobil menyala dengan baik adalah aki mobil. Pada dasarnya, setiap aki mempunyai Ampere Hour atau yang juga disingkat dengan AH. 

    AH adalah kekuatan arus listrik maksimal yang dapat dikeluarkan selama satu jam. Anda harus mengetahui jumlah ampere aki, karena hal ini erat kaitannya dengan pemilihan aki ketika membeli serta saat pengisian daya ulang.

    Mengapa Ukuran Ampere Aki Mobil Harus Diketahui? 

    Sebenarnya, lebih baik berapa ampere kita harus membeli aki mobil? Bila menanyakan hal ini, Anda harus mengetahui terlebih dulu, beban listrik yang dimiliki kendaraan. Setiap mobil pada dasarnya mempunyai beban berbeda-beda. 

    Saat membeli aki dengan daya terlalu kecil, daya akan lekas habis karena beban yang diperlukan mobil menjadi lebih besar. Bukan hanya memperhatikan jumlah ampere aki yang akan dibeli, Anda juga harus memperhatikan ampere saat di charge. 

    Besarnya daya listrik yang berada di dalam aki bisa mengalami penurunan. Jika daya tersebut mengalami penurunan, cara satu-satunya yang harus dilakukan ialah pengisian ulang daya. Sayangnya, pengisian dilakukan dengan acuan ampere. 

    Sehingga, bila pengisian salah atau terlalu lama, hal ini akan merusak aki. Baik aki kering maupun aki basah sebenarnya tidak mempunyai perbedaan di dalam pengisian daya. Anjuran yang harus diikuti adalah 1/10 serta jumlah ampere aki mobil. 

    Sehingga, jika mobil Anda mempunyai kapasitas 70 ampere, daya yang dapat diisi ulang ialah 70 ampere saja. jumlah ini dapat disesuaikan pada ukurang masing-masing aki. 

    Cara Mengukur Ampere Aki Pada Mobil

    Ketika Anda ingin mengganti aki  dengan yang baru, hal utama yang harus diperhatikan adalah ampere. Arus listrik yang dihasilkan aki nantinya digunakan untuk membuat dinamo serta lampu menyala. Berikut langkah mengukur ampere aki, antara lain:

            1. Cek Bodi Aki

    Cara mengukur aki mobil yang pertama adalah dengan mengecek bodi aki. Pada dasarnya semua pabrik akan memberi informasi yang berkaitan dengan produk yang dibuat. Ukuran ampere serta daya listrik akan ditulis di bodi aki.

    Informasi yang diberikan umumnya lengkap serta mudah dibaca. Penulisannya juga berjejer dengan tegangan aki. Kemudian, satuan yang digunakan ialah Ah serta terdapat angka di bagian depannya. Jumlah angka ini beragam ada yang 55 Ah, ada pula 65 Ah.