Berita

    Ketahui Fungsi dan Cara Kerja Flywheel pada Mesin Mobil

    Flywheel mobil merupakan salah satu komponen penting untuk kendaraan roda empat bertransmisi manual. Komponen ini berperan untuk menyimpan dan melepaskan energi beban mekanik pada piston untuk menjaga stabilitas perputaran mesin. 

    Apabila rusak, maka flywheel atau yang kerap disebut sebagai roda gila ini akan menimbulkan beberapa masalah pada mobil. Seperti, transmisi yang tidak merespon, mesin mobil mudah panas, dan lain sebagainya. 

    Ini dikarenakan roda gila tidak hanya untuk memutar mesin, melainkan masih ada beberapa fungsi lain yang melekat pada komponen ini. Penasaran? Simak informasi seputar fungsi dan cara kerja flywheel pada mobil dengan transmisi manual berikut ini. 

    Mengenal 4 Fungsi Flywheel Mobil 

    Ketika mesin mobil bertransmisi manual pertama kali dihidupkan, roda gila menjadi komponen pertama tempat terjadinya perputaran mesin. Flywheel akan terus bergerak sepanjang waktu untuk memastikan kinerja kendaraan tetap maksimal. 

    Bentuknya yang berupa piringan ini ada yang terbuat dari baja dan ada juga yang dari serat karbon dengan menggunakan bantalan magnet. Untuk ukurannya sendiri menyesuaikan dengan ukuran mesin mobil. 

    Itu sebabnya ketika terjadi masalah pada komponen ini, maka secara otomatis mesin mobil tidak bisa bekerja secara maksimal. Lalu, apa saja fungsinya ? Setidaknya terdapat empat fungsi penting flywheel, antara lain.  

    • Memutar Mesin Saat Dihidupkan

    Fungsi pertama dari flywheel mobil adalah untuk memutar mesin ketika pertama kali dihidupkan. Dampaknya, terjadi serangkaian proses inisiasi kinerja mesin yang membuat mesin menjadi hidup sehingga menghasilkan daya putar.  

    Kekuatan dari daya putar disertai dukungan dari poros engkol yang kuat inilah yang membuat mobil bisa berjalan dengan baik. 

    • Tempat Memasang Kopling Mobil

    Fungsi yang kedua adalah sebagai tempat untuk memasang kopling (clutch over) sekaligus menghubungkannya dengan berbagai komponen yang ada pada kopling. 

    • Menyimpan Tenaga Mekanik

    Fungsi yang ketiga dari roda gila adalah untuk menyalurkan dan menyimpan energi putar (tenaga mekanik). Gunanya adalah untuk menyeimbangkan mesin agar performanya tidak semakin menurun.  

    • Menyeimbangkan Putaran Mesin