Berita

    Lakukan Tips Ini Agar Mobil Anda Semakin Berkilau!

    Apapun jenis mobilnya, Anda sebagai pemilik wajib merawat mobil agar tampilannya tetap menarik. Sebab intensitas penggunaan mobil yang tinggi membuat paparan debu dan kotoran akan menempel dan menumpuk, sehingga yang sebelumnya mobil berkilau berakhir kusam.

    Bukan hanya masalah tampilan saja, namun masa pakai mobil juga berisiko berkurang karena mobil rentan rusak akibat tidak rutin dibersihkan. Itulah mengapa Anda wajib tahu tips membuat mobil semakin berkilau berikut ini agar kualitas mobil terjaga serta tahan lama.

    Lantas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kilap mobil? Mari cari tahu melalui deretan tips di bawah ini.

    Tips Membuat Mobil Berkilau

    Anda bisa melakukan tips-tips berikut ini sebagai upaya menjaga kilau mobil dan melestarikan tampilan mobil.

    • Mencuci Mobil Secara Menyeluruh

    Rutin mencuci mobil dua minggu sekali ke tempat cuci mobil andalan menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan agar menghindari kotoran dan debu menumpuk pada mobil. Alih-alih bagian luarnya saja, Anda harus mencuci mobil secara keseluruhan.

    Pesan cuci mobil tipe high-pressured agar segala noda dan debu di mobil Anda dapat hilang. Minta pekerjanya mencuci hingga ke bawah mobil, karena biasanya bagian itu yang sering terlupakan.

    Selain itu, Anda bisa upgrade dengan request pencucian mobil menggunakan sampo premium dengan partikel glossy agar membuat mobil mengkilap. 

    Lalu, jangan lupa minta pengeringan mobil menggunakan kain microfiber agar menghindari noda air yang muncul.

    • Melakukan Detailing

    Apabila tempat cuci mobil langganan Anda menyediakan paket lengkap, pasti tersedia yang namanya detailing. Namun, Anda bisa menuju ke salon mobil apabila tempat cuci mobil Anda tidak menyediakan layanan detailing ini.

    Detailing mobil dilakukan dengan menggunakan clay bar yang fungsinya membersihkan mobil dari kotoran dan debu yang membandel. Biasanya kotoran tersebut berada di lapisan paling luar dari cat mobil.

    Tahap detailing ini memang dilakukan sehabis mobil selesai dicuci. Kotoran membandel seperti getah pohon hingga kotoran burung yang menempel di cat mobil dan tidak ampuh hanya dengan dicuci bisa terangkat oleh bantuan clay bar.  

    Untuk melakukan detailing, mobil disiram dengan air sabun atau larutan detailer, kemudian clay bar digosok secara searah ke permukaan mobil agar kotoran terangkat. Hasilnya, permukaan mobil akan lebih halus seperti baru.

    • Melakukan Pemolesan