Berita

    Featured Image

    Kabin Mobil Gerah? Mungkin Ini Penyebabnya

    Kabin mobil panas bisa menjadi sumber ketidaknyamanan saat berkendara, terutama di cuaca kemarau. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kabin mobil menjadi gerah. Mulai dari masalah pada sistem pendingin udara hingga sirkulasi udara yang buruk. 

    Artikel ini akan mengulas berbagai penyebab kabin terasa gerah tersebut serta memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah ini.

    Penyebab Kabin Mobil Panas

    Ada beberapa penyebab kenapa mobil Anda terasa panas meski terkadang sudah menyalakan pendingin. Berikut penyebabnya:

    • Masalah pada Sistem Pendingin Udara (AC)

    Salah satu penyebab utama kabin mobil yang gerah adalah masalah pada sistem AC. Beberapa masalah umum yang dapat terjadi pada AC mobil, antara lain:

    • Kekurangan Freon: Freon adalah bahan pendingin yang sangat penting dalam sistem AC. Kekurangan freon dapat menyebabkan AC tidak mampu mendinginkan udara dengan efektif.

    • Kompresor Rusak: Kompresor berfungsi untuk mengalirkan freon ke seluruh sistem AC. Jika kompresor rusak, AC tidak akan bekerja dengan baik.

    • Filter Udara Kotor: Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara dingin dari AC, sehingga kabin mobil tetap terasa panas meskipun AC dihidupkan.

    • Sirkulasi Udara yang Buruk

    Sirkulasi udara yang buruk di dalam kabin juga bisa menyebabkan suhu pada mobil menjadi panas dan gerah. Misalnya seperti membiarkan kaca jendela tertutup rapat. 

    Namun apabila Anda sedang berkendara, sebaiknya pastikan pintu dan jendela mobil tertutup rapat. Hal ini agar kondisi panas di luar mobil tidak masuk ke dalam kabin atau membuat pendingin tidak terlalu terasa meski dihidupkan.

    • Kondisi Cuaca Eksternal

    Kondisi cuaca yang panas tentu saja berpengaruh besar terhadap suhu di dalam kabin mobil. Mobil yang diparkir di bawah sinar matahari langsung akan menyerap panas, sehingga kabin menjadi sangat gerah saat pertama kali masuk ke dalam mobil.

    Solusi Mengatasi Kabin Mobil Panas

    Apabila Anda merasa kabin mobil gerah dan hal ini mengganggu, sebaiknya coba lakukan hal berikut ini.

    • Perawatan AC secara Rutin

    Merawat AC secara rutin adalah kunci untuk memastikan sistem pendingin udara bekerja dengan baik. Pastikan freon dalam sistem AC selalu dalam kondisi cukup. Jika terasa kurang dingin, segera cek dan isi freon jika diperlukan.

    Selain itu, lakukan servis kompresor AC secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan yang menghambat kinerja AC. Sebaiknya, ganti filter udara AC secara rutin untuk menghindari aliran udara dingin terhambat.

    • Memastikan Ventilasi Berfungsi dengan Baik

    Ventilasi udara yang baik sangat penting untuk sirkulasi udara di dalam mobil. Anda bisa membuka jendela sesekali apabila diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mode resirkulasi pada AC mobil apabila diperlukan. 

    • Penggunaan Pelindung Matahari pada Jendela

    Menggunakan pelindung matahari pada jendela mobil dapat menjadi solusi untuk masalah kabin mobil panas. Pelindung matahari yang baik dapat memantulkan sinar UV dan mengurangi suhu di dalam mobil. 

    • Parkir di Tempat Teduh

    Jika memungkinkan, parkirlah mobil di tempat yang teduh untuk menghindari paparan langsung sinar matahari. Tempat parkir yang teduh akan membantu menjaga suhu di dalam kabin tetap sejuk.

    Memahami penyebab mobil jadi sering terasa gerah membuat Anda bisa mengatasinya dengan cepat. Sebab, udara panas pada kabin sangat membuat Anda tidak nyaman dalam berkendara.