Berita

    Starter Mobil Bermasalah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Masalah pada starter mobil tentu akan membuat pengendara merasa kesal. Jika hal ini terjadi artinya mobil Anda tidak bisa dijalankan. Anda harus segera mencari sumber permasalahan dan mengambil solusi yang tepat. 

    Tentu saja kerusakan pada bagian starter ini terjadi karena berbagai jenis faktor pemicu. Mari cari tahu apa saja faktor penyebab yang bisa berpengaruh dan bagaimana solusi untuk mengatasinya!

    Penyebab Starter Mobil Bermasalah

    Kerusakan pada starter ini bisa terjadi kapan saja tanpa kita duga sebelumnya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab masalah pada starter di mobil Anda:

    • Pemaksaan Dinamo untuk Bekerja

    Hal pertama yang bisa memicu masalah  adalah pemaksaan bagian dinamo starter. Biasanya ini terjadi ketika Anda memaksa dinamo untuk bekerja padahal mesin memang dalam kondisi tidak bisa menyala. 

    Pemaksaan seperti ini akan memicu suhu dinamo jadi lebih panas. Jika terus terjadi dan suhu terus meningkat maka bisa terjadi kebakaran pada komponen mesin. Jadi lebih baik jangan lakukan pemaksaan. 

    Saat mesin mobil Anda sulit menyala, cobalah untuk melakukan starter dengan lebih tenang. Jika ingin mengulang starter maka lakukan perlahan dan berikan jeda beberapa menit agar tidak terlalu memaksa dinamo untuk bekerja. 

    • Carbon Brush Sudah Habis

    Faktor lain yang bisa menyebabkan kerusakan starter mobil adalah kerusakan pada carbon brush. Carbon brush ini merupakan salah satu bagian yang ada pada dinamo starter

    Jika ada kerusakan atau mungkin carbon brush sudah habis maka starter akan mengalami gangguan dan tidak bisa bekerja seperti biasa. Dalam kondisi ini biasanya putaran dinamo akan jadi melemah. 

    Selain melemah, Anda juga akan mendengar munculnya suara aneh saat starter. Apabila Anda menemukan tanda-tanda seperti ini langsung saja periksa bagian carbon brush dan ganti dengan yang baru secepatnya. 

    • Masalah pada Aki

    Gangguan pada starter juga bisa saja terjadi karena aki mobil Anda bermasalah. Penting untuk diketahui bahwa starter ini punya hubungan erat dengan bagian aki. Aki adalah komponen yang akan menunjang kelistrikan mobil Anda. 

    Saat ada masalah pada aki maka starter tidak akan bekerja dengan baik. Hal ini terjadi karena adanya gangguan suplai listrik dari komponen aki mobil menuju dinamo starter

    aki mobil

    freepik.com

    Mengatasi Kerusakan Starter

    Masalah pada starter ini harus segera diatasi agar mobil bisa kembali berjalan seperti biasa. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kerusakan dinamo starter:

    • Periksa Bagian Soket Otomatis

    Cobalah untuk memeriksa bagian soket otomatis di dinamo starter. Di bagian tersebut Anda akan menemukan kabel berukuran kecil dan terhubung ke dinamo. Pastikan dulu apakah kabelnya putus atau tidak. 

    Lalu cek juga bagian sekring apakah terjadi kerusakan atau tidak. Segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat jika Anda menemukan kerusakan yang parah atau sebaliknya saat Anda tidak mengetahui penyebab masalah kerusakan. 

    • Cek Kabel Aki

    Anda juga sangat disarankan mengecek kabel aki karena komponen ini sangat berpengaruh pada starter. Cek dulu bagian kleman kabel aki lalu lihat apakah ada baut yang kurang kencang atau tidak. 

    Jangan lupa cek juga kabel aki untuk memastikannya bekerja dengan baik atau tidak! Jika Anda menemukan kerusakan, lebih baik segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapat penanganan profesional.