Berita

    Simak Fungsi Spion pada Kap Mobil

    Spion kap mobil memang menjadi salah satu bagian mobil yang unik. Ya, beberapa mobil keluaran pabrik memiliki spion yang letaknya berada di bagian kap mobil atau bisa juga disebut dengan spion tanduk. 

    Umumnya, setiap kendaraan pastinya memiliki spion, seperti pada kendaraan jenis mobil. Spion mobil berfungsi membantu para pengemudi pada saat akan belok kanan atau diri, pindah jalur kanan atau kiri, serta parkir maju, mundur ataupun paralel.

    Pasti Anda sudah mengetahui letak spion mobil secara umum, yaitu di sisi depan bagian kanan dan sisi depan bagian kiri. Di dalam mobil pun terdapat spion tengah yang terletak di bagian tengah di antara dua jok depan.

    Nah, mengenai spion tambahan ini memang beberapa pabrik mobil meletakkannya di kap mesin sebelah kiri dan di pintu belakang bagian atas. Fitur ini dapat Anda jumpai pada mobil-mobil jenis SUV yang ukurannya cukup besar atau bongsor.

    Letaknya yang menonjol menjadi ciri khas sebuah mobil SUV. Ukurannya memang sangat kecil dan berbentuk seperti tanduk di bagian depan mobil.

    Beberapa orang masih menganggap spion kap mobil ini hanyalah aksesoris dan tidak memiliki fungsi sama sekali. Sehingga dianggap hanya merusak penampilan eksterior mobil dan pada akhirnya dilepas begitu saja.

    Padahal, yang perlu Anda ketahui fungsi dari spion ini sangat berguna bagi pengemudi pada situasi dan kondisi tertentu pada saat di jalan. Maka dari itu, tidak jarang juga orang bertanya-tanya mengenai kenapa mobil SUV memiliki spion di kap mobil? Apa saja fungsinya?

    Mari kita bahas pada penjelasan berikut ini.

    Fungsi Spion Kap Mobil

            1. Melihat Posisi Ban Depan

    Seperti yang sudah Anda ketahui, kendaraan memiliki beberapa titik blind spot. Sebagai pengemudi, salah satu titik blind spot adalah ban bagian depan. Terlebih jika Anda hendak parkir.

    Keberadaan spion kap mobil dapat membantu pengemudi melihat kondisi di sekitar ban depan tersebut, diantaranya seperti menghindari batu, melihat adanya kubangan atau selokan.

    Memang cukup merepotkan jika ban mobil Anda tidak sengaja jeblos masuk selokan karena pengemudi tidak dapat melihat posisi ban depan secara baik.

            2. Melihat Bagian Paling Kiri Mobil

    Jika posisi setir mobil Anda di sebelah kanan seperti mobil di Indonesia, maka fungsi spion kap mobil sebagai patokan agar Anda dapat melihat bagian paling kiri mobil. Pasalnya, spion tanduk terletak di paling luar ujung depan mobil.