Berita

    Cegah Ngantuk Saat Perjalanan Mudik

    Mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi mode transportasi favorit para pemudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

    Selain dapat menekan budget perjalanan, pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi cenderung lebih nyaman dan fleksibel. Bagi kamu yang hendak melakukan perjalanan mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi, ada banyak hal yang harus dipersiapkan.

    Selain harus memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, calon pemudik juga harus memperhatikan kesiapan daya tahan tubuh. Terutama bagi kamu yang hendak mengemudikan mobil selama berjam-jam ke kampung halaman.

    Salah satu problematika menahun para pengemudi saat melakukan perjalanan mudik lebaran adalah rasa kantuk. Apalagi, jika kamu tidak terbiasa mengemudi dan melakukan perjalanan jauh.

    Mengantuk saat berkendara bukan hanya membahayakan kamu dan keluarga, tetapi pengemudi lain di jalanan. Berikut 5 tips yang dapat kamu coba agar terhindar dari rasa ngantuk saat berkendara selama mudik Lebaran.

            1. Tidur Cukup

    Hal pertama dan yang penting untuk diperhatikan adalah, memastikan tubuh kamu sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup sesaat sebelum berkendara. Cobalah untuk mendapatkan jumlah tidur yang sehat.

    National Sleep Association menyarankan tidur siang sebelum mengemudi dapat memberikan banyak manfaat bagi kondisi mental kamu selama mengemudi.

    Bahkan dari hasil riset AAA Foundation for Traffic Safety menjelaskan bahwa, resiko berkendara saat mengantuk sama besarnya seperti mengemudi dalam keadaan mabuk. Karena hal tersebut, kamu perlu memperhatikan kecukupan waktu tidur sebelum melakukan perjalanan.

            2. Menyalakan Musik

    Beberapa musik favorit dapat membantu kamu untuk lebih fokus dan tetap waspada. Putar beberapa lagu yang kamu tahu sehingga kamu bisa bernyanyi bersama dan merangsang fokus otak.

    Kamu dapat memutar lagu yang cukup energik untuk menjaga agar tetap terhindar dari rasa kantuk. Baik itu musik dangdut, blues, country, pop rock, atau metal, untuk menemani perjalanan kamu.

    Musik dipercaya akan mempengaruhi tingkat kewaspadaan, yang dapat membantu kamu tetap fokus di jalan.

            3. Minum Kafein

    Kafein merupakan stimulan paling populer untuk menghalau rasa kantuk. Kandungan kafein dapat membuat kamu terhindar dari rasa mengantuk, jadi mengapa tidak mencobanya saat mengemudi?