Berita

    Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum & Solusinya

    Aki atau accumulator merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan, sebab berfungsi dalam sistem pengapian dan komponen kelistrikan. Namun, ada beberapa penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum yang membuat fungsi tersebut terganggu.

    Pasalnya, jika aki tidak bisa menyimpan setrum, maka mobil akan kesulitan untuk dinyalakan dan menjalankan fungsinya secara normal. Oleh karena itu, kenali apa saja penyebab hingga solusi atau cara mengatasinya.

    Berikut Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum

    Ada beberapa hal yang menyebabkan komponen aki mobil Anda tidak bisa menyimpan setrum. Mulai dari faktor usia aki yang sudah tua atau akibat masalah overcharge, berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya.

    • Usia Pakainya Sudah Terlalu Lama

    Salah satu penyebab utama mengapa aki tidak bisa menyimpan setrum adalah karena usia aki yang sudah tua. Hal ini karena setiap aki memiliki umur pakai yang terbatas sehingga kinerjanya dapat menurun seiring waktu penggunaannya.

    • Air Aki Pernah Habis atau Kering dalam Jangka Waktu Lama

    Kemungkinan penyebab selanjutnya adalah karena air aki pernah habis atau kering dalam jangka waktu yang lama. Jika air aki habis atau kering, kinerjanya akan terganggu dan aki tidak bisa menyimpan setrum dengan baik.

    • Tidak Memakai Air Khusus Aki

    Penggunaan jenis cairan yang tidak sesuai dengan standar juga dapat menyebabkan aki kendaraan Anda tidak bisa menyimpan setrum dengan baik. Air yang digunakan untuk mengisi aki sebaiknya adalah air khusus yang memiliki kandungan mineral dan pH tepat.

    • Dinamo Ampere Pernah Rusak atau Overcharge

    Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum yang terakhir adalah karena terjadi kerusakan komponen. Biasanya, kerusakan ini bisa terjadi akibat overcharge yang membuat selnya rusak dan tidak bisa menyimpan daya atau setrum dengan baik.

    Solusi Memperbaiki Masalah Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum

    Jika penyebab aki Anda tidak bisa menyimpan setrum adalah karena pernah kering dalam jangka waktu lama, berikut ini solusi yang bisa dicoba:

    • Lepaskan atau Putuskan Hubungan Arusnya

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan semua sistem listrik pada mobil dan memutuskan hubungan arus pada aki. Pastikan untuk melepas kabel positif) terlebih dahulu sebelum melepaskan kabel negatif agar tidak muncul arus pendek.

    • Buka Penutup Aki