Berita

    Penjelasan Sistem Pendingin Berdampak pada Performa Mesin

    Komponen sistem pendingin mobil merupakan sistem yang berfungsi untuk menstabilkan suhu pada mobil Anda. Memiliki peran penting agar performa mobil lebih baik, sistem pendingin ini memiliki bervariasi komponen yang wajib Anda ketahui.

    Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa sistem pendingin ini berhubungan langsung pada mesin mobil. Salah satu tugas pentingnya adalah menahan agar mesin mobil tidak mengalami overheat dan mengurangi performa mobil. Penjelasan lebih lengkapnya di sini!

    Jenis Komponen Sistem Pendingin Mobil

    Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang sistem pendingin pada mobil selanjutnya adalah komponen apa saja yang termasuk ke dalamnya, Berikut ini jenis-jenis komponen dari sistem pendingin yang wajib Anda ketahui:

    • Pompa Air

    Komponen pompa air atau water pump merupakan komponen yang biasanya cukup diisi air saja. Cara kerja pompa air ini adalah melumasi mesin dengan air agar dapat menyesuaikan putaran mesin ketika mobil bergerak.

    Untuk fungsinya sendiri, pompa air berguna untuk menyalurkan sirkulasi air dari radiator ke mesin mobil Anda. Hal ini dilakukan agar radiator dapat bekerja sesuai dengan fungsinya yaitu mendinginkan mesin mobil.

    • Radiator

    Komponen sistem pendingin mobil selanjutnya dan menjadi yang paling vital adalah radiator. Terdiri atas selang radiator, tangki cadangan radiator, radiator cap menjadikan komponen ini cukup berperan penting untuk mendinginkan mesin ketika bergerak.

    Fungsi radiator adalah mendinginkan mesin dengan cara membuang panas pembakaran mesin melewati komponen kisi-kisi radiator. Komponen radiator memiliki dua tangka yang tugasnya juga berbeda, yaitu upper tank dan lower tank.

    Upper tank bertugas untuk menampung air panas yang tersisa dari proses pendinginan mesin. Sedangkan, lower tank  menampung air yang membantu proses pendinginan mesin yang telah dilalui air melalui pipa-pipa radiator.